Erry Riyana Kenang Kuntoro Mangkusubroto: Pemimpin yang mana Tanamkan Transparansi kemudian Pegang Teguh Sikap Antikorupsi

0
34
Erry Riyana Kenang Kuntoro Mangkusubroto: Pemimpin yang mana Tanamkan Transparansi kemudian Pegang Teguh Sikap Antikorupsi

INFOJAWATIMUR.com Jakarta – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2003-2007 Erry Riyana Hardjapamekas mengenang almarhum Menteri Pertambangan kemudian Tenaga periode 1998-1999 Kuntoro Mangkusubroto sebagai sosok yang tersebut gigih di memperjuangkan sikap antikorupsi.

Erry menyatakan bahwa Kuntoro menjadi salah satu tokoh yang dimaksud turut menggagas berdirinya KPK pada 2003 sebagai lembaga pemberantas korupsi di area Indonesia.

“Semangat antikorupsinya itu memang benar muncul dari dirinya sendiri. Kebetulan diajak oleh kami, Publik Transparansi Indonesia [MTI], beliau waktu itu Menteri Pertambangan, beliau juga telah menggalang sekali waktu pada PT Timah sebelum jadi menteri,” kata Erry pada waktu ditemui seusai mengunjungi upacara pemakaman di tempat Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta, Minggu, 17 Desember 2023.

Menurutnya, Kuntoro merupakan pribadi pemimpin yang dimaksud terus-menerus menanamkan transparansi, miliki integritas tinggi, terus-menerus berpikir rasional pada mengambil langkah lalu memegang teguh sikap antikorupsi.

Erry juga menyatakan bahwa Kuntoro juga merupakan sosok pecinta alam yang dimaksud bergerak sebagai anggota Perhimpunan Penempuh Rimba dan juga Pendaki Gunung Wanadri.

“Beliau menjunjung tinggi nilai-nilai kebersihan, kejujuran, kesatriaan. Beliau anggota Wanadri juga, nilai-nilai Wanadri diamalkan juga,” ujarnya.

Kuntoro tercatat pernah mengikuti lembaga pendidikan Wanadri sekitar  1960 dan juga menjadi anggota Wanadri angkatan 69.

Menteri Pertambangan juga Tenaga periode 1998-1999 Kuntoro Mangkusubroto wafat pada Minggu, pukul 01.03 WIB, dalam Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo DKI Jakarta oleh sebab itu sakit. Jenazah almarhum dimakamkan di tempat area blok Z Taman Waktu senja Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, sekitar pukul 13.30 WIB.

Almarhum yang tersebut meninggal dunia pada usia 76 tahun meninggalkan seseorang istri kemudian lima anak laki-laki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here