Penelitian Opensignal: Telkomsel Raja Operator Seluler di tempat Indonesia, Sisanya Bersaing Ketat

0
34
Penelitian Opensignal: Telkomsel Raja Operator Seluler di tempat tempat Indonesia, Sisanya Bersaing Ketat

INFOJAWATIMUR.com – Firma riset Opensignal kembali merilis laporan terbaru perihal kinerja operator seluler di dalam Indonesia per Desember 2023. Sama seperti sebelumnya, riset ini mengungkap masalah performa lima operator seluler pada Tanah Air.

Mereka adalah Telkomsel, Indosat, Tri (3), Smartfren, hingga XL Axiata. Adapun kategori yang mana dinilai yakni Pengalaman Video, Pengalaman Video Siaran Langsung, Pengalaman Game, Pengalaman Aplikasi komputer Suara, Pengalaman Kecepatan Unduhan, Pengalaman Kecepatan Unggahan, Pengalaman Jangkauan, Ketersediaan, Cakupan, juga Konsistensi Kualitas.

“Dalam laporan ini, kami sudah pernah menganalisis keseluruhan pengalaman jaringan seluler dari semua pengguna kami dalam Indonesia pada lima operator – 3, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan juga XL – selama periode 90 hari mulai tanggal 1 Agustus 2023 hingga 29 Oktober 2023,” kata Analis Senior OpenSignal, Hardik Khatri.

Berikut performa masing-masing operator seluler di tempat Indonesia, diambil dari situs OpenSignal, Mingguan (24/12/2023).

Telkomsel
Telkomsel menjadi operator seluler paling banyak unggul di dalam kategori OpenSignal yang tersebut mencakup Pengalaman Kecepatan Unduh (download), Pengalaman Kecepatan Unggah (upload), Pengalaman Video, Pengalaman Video Siaran Langsung (live streaming), hingga Pengalaman Jangkauan.

Menurut OpenSignal, pengguna jaringan Telkomsel merasakan kecepatan unduh rata-rata 26,1 Mbps. Angka ini 3,3 Mbps lebih tinggi tinggi dari pengguna XL yang mana berada dalam kedudukan kedua.

Ilustrasi Telkomsel RAFI 2023
Ilustrasi Telkomsel RAFI 2023

Sementara di dalam kategori upload, pengguna Telkomsel merasakan kecepatan unggah rata-rata tercepat 11,1Mbps. Di bawahnya ada pengguna 3 dengan 9,7Mbps.

Pengguna Telkomsel juga merasakan kualitas pengalaman terbaik ketika memutar video on-demand dan juga video live melalui koneksi seluler di dalam Indonesia. Inilah yang dimaksud menyebabkan Telkomsel jadi pemenang segera untuk penghargaan Pengalaman Video dan juga Video Live dengan skor 61,4 serta 57,7 poin dari skala 100 poin.

Di kedua kategori tersebut, 3 hampir menantang sikap teratas Telkomsel, menempati kedudukan kedua dengan skor yang sedikit tambahan rendah – 61 poin untuk Pengalaman Video lalu 56,1 untuk Pengalaman Video Live.

Telkomsel merupakan operator pertama pada Indonesia yang tersebut meraih penghargaan Pengalaman Cakupan yang baru dari Opensignal. Telkomsel meraihnya dengan skor 8,54 pada skala 10 poin.

Hasil itu unggul berjauhan sebesar 3,78 poin dari Indosat dan juga 3 yang mana meraih skor 4,76 poin. XL menyusul dengan 4,48 poin, sementara Smartfren berada di tempat kedudukan terakhir dengan 2,18 poin.

Indosat mengumumkan kampanye Pesta Hadiah IM3 pada Hari Senin (16/10/2023) di area Jakarta. Pelanggan sanggup mendapatkan iPhone 14 Pro hingga Samsung Galaxy S23 Ultra gratis. [Suara.com/Dicky Prastya]
Indosat mengumumkan kampanye Pesta Hadiah IM3 pada Mulai Pekan (16/10/2023) di dalam Jakarta. Pelanggan sanggup mendapatkan iPhone 14 Pro hingga Samsung Galaxy S23 Ultra gratis. [Suara.com/Dicky Prastya]

Indosat (IOH)
Indosat mengungguli kategori Tingkat Konsisten untuk kedua kalinya berturut-turut. Kali ini mereka itu mendapatkan skor 64,8 persen, mengungguli Telkomsel (61,7 persen) lalu 3 (61,3 persen).

XL terpaut di dalam belakang dengan skor 58,7 persen. Sementara Smartfren berada di tempat tempat terakhir dengan skor 38,4 persen.

Hal ini menunjukkan bahwa pengguna Indosat terus mendapat proporsi pengujian terbanyak yang dimaksud memenuhi ambang batas minimum untuk membantu program seluler yang tersebut lebih lanjut umum digunakan, seperti panggilan video atau mengunggah gambar ke media sosial.

XL Axiata
Pengguna XL mengalami peningkatan sebesar 5,9 poin, sehingga membuatnya sekali lagi meraih penghargaan Pengalaman Game dengan skor 79 poin. Namun keunggulannya menghadapi 3 sebagai peringkat kedua telah terjadi menyusut dari 2,5 menjadi semata-mata 0,3 poin.

Selain itu, Pengalaman Game pada Indosat, 3, Telkomsel, juga XL mendapat peringkat Baik (75-85). Angka ini naik dari peringkat Cukup (65-75) yang didapatkan sebelumnya.

Sementara Smartfren kurang 1,2 poin dari peringkat yang dimaksud dengan skor 73,8 poin.

Ilustrasi XL Axiata. [XL Axiata]
Ilustrasi XL Axiata. [XL Axiata]

Kualitas pengalaman bermain game multiplayer seluler telah dilakukan meningkat di dalam kelima jaringan Indonesia sejak laporan terakhir.

Pengguna Indosat kemudian 3 kami di dalam mengalami peningkatan terbesar, masing-masing 8,8 serta 8,2 poin (pada skala 0-100), dihadiri oleh oleh Telkomsel (7,1 poin) serta Smartfren (6,2 poin).

Tri (3)
3 menjadi satu-satunya operator di area Indonesia yang berhasil meraih peringkat Baik (80-87) untuk Pengalaman App Suara kali ini, dengan skor 80,2 poin (dari skala 0-100).

Pengguna tri di tempat Indonesia terus mendapatkan kualitas pengalaman terbaik secara keseluruhan ketika menggunakan app kata-kata over-the-top, seperti WhatsApp, Skype, kemudian Facebook Messenger.

Smartfren
Operator khusus 4G di dalam Indonesia, Smartfren, kembali meraih penghargaan Ketersediaan. Alasannya, pengguna Smartfren terus menghabiskan proporsi waktu tertinggi untuk masih terhubung ke sinyal seluler dengan rata-rata 98,8 persen.

Indosat kemudian 3 berada di tempat urutan kedua dengan skor yang mirip yaitu 97 persen, sedikit di dalam berhadapan dengan XL kemudian Telkomsel dengan masing-masing 96,8 persen juga 95,5 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here