Dinobatkan Sebagai Runner Up 2 Puteri Indonesia Jawa Timur 2023, Duta Kampus Universitas Negeri Malang Ini Beri Komentar Tegas Begini

0
57
Nakhlah Vadaq dinobatkan sebagai Runner Up 2 Puteri Indonesia Jawa Timur 2023.

infoJAWATIMUR.com – Senyum tetap mengembang di bibir Nakhlah Vadaq usai juri mengumumkan nama-nama pemenang gelaran Puteri Indonesia Jawa Timur 2023. Padahal Nakhlah hanya dinobatkan sebagai Runner Up 2 di ajang kontes kecantikan yang diadakan di Hotel Novotel Samator itu.

“Jujur tidak terbayangkan sebelumnya bisa sampai sejauh ini. Karena saya tahu, tidak ada riwayatnya finalis (Puteri Indonesia Jawa Timur) berhijab yang masuk Top 3. Jadi saya sangat bersyukur,” tutur Nakhlah penuh keikhlasan, Jumat (10/2/2023) malam.

Sulung dari empat bersaudara ini mengaku, dari awal menyadari tidak bakal memenangi Puteri Indonesia Jawa Timur 2023. Karena kendala utamanya adalah dia tetap kukuh memegang komitmen untuk tetap berhijab.

Bagi Nakhlah, hijab diyakini bukan penghalang untuk melakukan berbagai aktivitas, tetapi justru sebagai pendorong untuk terus meraih potensi dan memberikan versi terbaik dari dalam dirinya.

Nakhlah kembali menegaskan bahwa keikutsertaanya di kontes Puteri Indonesia Jawa Timur ini sama sekali bukan untuk mengejar gelar juara. “Saya ingin lebih mengembangkan diri ke lingkungan yang lebih luas lagi,” tandas perempuan yang aktif di berbagai kegiatan sosial ini.

Nakhlah meyakini, ajang seperti Puteri Indonesia Jawa Timur ini bisa membuka jaringan untuk orang-orang di sekitar saya. “Jika saya sudah berkembang, sudah sukses, tentu punya kesempatan lebih luas untuk mensukseskan orang-orang di sekitar saya juga,” urainya.

Sarjana Psikologi Universitas Negeri Malang ini mengaku banyak pengalaman baru yang dia peroleh selama menjalani karantina sebelum puncak gelaran Puteri Indonesia Jawa Timur 2023. “Latihan-latihan yang saya dapat selama karantina bikin saya jadi lebih baik lagi. Yang tidak nyaman justru bikin diri bertumbuh. Semoga bisa terus belajar agar dapat beri manfaat buat orang banyak,” tuturnya.

Bagi Nakhlah, menjalani semua proses adalah kenikmatan. Jadi dia tetap melakukan yang terbaik. Setelah tuntas melakukannya, apa pun hasil akhirnya Nakhlah tetap bersyukur.

“Jika kita mendapat apa yang kita sukai maka itu adalah hadiah. Namun, jika kita mendapatkan yang tidak kita sukai maka itu adalah perlindungan dari Allah. Kita harus selalu yakin. Selalu ada hikmah di balik setiap yang terjadi dalam hidup kita,” ujar Duta Kampus Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Kegiatan Sosial
Kecintaan Nakhlaq pada kegiatan sosial berawal ketika dirinya magang di Lembaga Perlindungan Anak Malang pada 2021 silam. Saat itu pemilik akun Instagram-nya @nahlavdq ini pernah membuat program bernama Pendidikan Seksualitas untuk Anak.

Tujuannya adalah mengedukasi anak laki-laki dan perempuan yang menjadi korban kekerasan seksual untuk bisa kembali pulih dari trauma yang dialaminya. ”Saya melakukan pendampingan untuk membantu pemulihan trauma mereka. Caranya dengan memberikan dukungan mental dan psikososial serta kesempatan konseling,” bebernya.

Berdasarkan pengalaman itu pula, Nakhlaq membuat buku kegiatan anak berjudul ‘Gratitude Journal’. Sebuah buku catatan kebersyukuran untuk mengurangi tingkat stres pada anak-anak korban kekerasan dalam rumah tangga di Malang.

Kembangkan Bakat
Ditemui di tempat yang sama, Siti Khadijah, ibunda Nakhlaq menyatakan sempat menanyakan alasan keikutsertaan buah hatinya itu di kontes semacam Puteri Indonesia ini. “Kok ikut yang nggak bakal juara?” begitu ujar Siti Khadijah mengutip ucapannya kepada Nakhlaq saat putrinya itu minta ijin.

Ibu empat anak ini lalu menyampaikan jawaban Nakhlaq,”Nggak apa-apa Ma. Mau cari ilmunya. Ingin tahu juga prosesnya seperti apa.”

Siti Khadijah menekankan, sebagai orangtua dirinya selalu mendukung keinginan anak-anak dalam mengembangkan bakat dan kemampuan masing-masing. “Dia memang menegaskan ingin ambil pengalaman dari momen ini. Di sisi lain tentu agar rasa percaya dirinya lebih meningkat lagi,” paparnya.

Wanita berhijab ini menyatakan, sejak kecil Nakhlaq memang suka belajar, senang bergaul, dan rasa sosialnya tinggi. “Dia (Nakhlaq) bilang, ikut kontes ini untuk lebih memperluas jaringan, tidak hanya di Kota Malang, tetapi seluruh Jawa Timur. Agar lebih dikenal, baik di lembaga pemerintahan maupun masyarakat. Dan itu akan bermanfaat untuk kegiatan-kegiatan sosial yang dia lakukan selama ini,” imbuhnya. ari

Pemenang Puteri Indonesia Jawa Timur 2023 :
Puteri Indonesia Jawa Timur : Yasinta Aurelia (Sidoarjo)
Runner Up 1 : Renata Wardhani (Surabaya)
Runner Up 2 : Nakhlaq Vadaq (Malang)
Puteri Intelegensia : Miftachul Chusna (Tulungagung)
Puteri Berbakat : Gloria Vincentia Riyadi (Malang)
Puteri Persahabatan: Farra Alqueenisa Islamatasya (Banyuwangi)
Juara Favorit : Jennifer Callista Joo (Surabaya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here