FBI Bantu SMK PGRI 1 Ponorogo Realisasikan Program P5 Melalui Pelatihan Wirausaha Bersama FOKUS UMKM

0
52
Peserta foto bersama usai mengunjungi lokasi usaha

INFOJAWATIMUR.COM РP5 atau projek penguatan profil pelajar pancasila merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka Kemendikbud dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama tahun 2022 hingga 2024. Tujuan Kurikulum Merdeka antara lain adalah mengoptimalkan kemampuan siswa.

Pendemi Covid 19 merupakan alasan  utama terbentuknya kurikulum merdeka. Dan P5 merupakan bagian dari kurikulum Merdaka yang diluncurkan kemendikbud di tahun 2021.

P5 diimplementasikan pula di SMK PGRI 1 Ponorogo berkolaborasi dengan lembaga yang sudah tujuh tahun berkarya di UMKM, yakni Yayasan FOKUS UMKM. Melalui tenaga ahlinya yang semuanya praktisi dunia usaha dunia industri yang tergabung di FBI (FASNAS BOSS INDONESIA), menggelar Event pertama kali dan akan menjadi agenda tahunan di sekolah favorite di Ponorogo ini.

Drs. Jeminto, Kepala Sekolah SMK PGRI 1 Ponorogo menyambut baik peran aktif dari pendamping UMKM yang kompeten dari FBI dan FOKUS UMKM. “Kolaborasi aktif kita bersama FBI dan FOKUS UMKM meningkatkan kualitas entrepreneur siswa kita menjadi lebih baik. Ditunjang pengalaman praktisi dunia usaha dunia indrustri yang dimiliki oleh FOKUS UMKM – FBI. Sehingga siswa paham teori dan praktek langsung” ujar Jeminto kepada INFOJAWATIMUR.COM

Materi yang diberikan oleh tim FASNAS BOSS INDONESIA (FBI) meliputi Kewirausahaan , Legalitas, Digital Marketing, dilanjutkan dengan praktek bersama Mentor UMKM KRIDA Ponorogo dengan melihat langsung ke lokasi Olahan Hasil Pertanian dan Perikanan “Lele Kembar” Ponorogo. Melalui Babee panggilan akrab Zaenal Abidin, selaku Direktur FBI Ponorogo, siswa SMK langsung dapat paham alur produksi dan pemasaran produk UMKM Olahan Makanan.

Lokasi Usaha MUTH GROUP Ponorogo

“Praktek langsung melihat dengan mata kepala sendiri proses produksi, akan meningkatkan pengetahuan dasar dan lanjutan bagi peserta untuk bisa memikirkan tentang usahanya. Dengan mentor kompeten dari FOKUS UMKM, semua pertanyaan siswa dapat terjawab dengan puas baik melalui teori di kelas, dan praktek hari ini ditempat lokasi” ujar Babee.

Babee memberikan pelatihan

Dan peserta yang mengikuti kegiatan sejak 22 sampai nanti 30 Mei 2023 pun akan bisa langsung mempraktekkan hasil pelatihan P5 ini dikemudian hari.

FBI (FASNAS BOSS INDONESIA) adalah Fasilitator Nasional Bersama OSS Indonesia yang memiliki kompetensi terlatih dibidang legalisasi usaha dan sertifikasi produk. Sedangkan FOKUS UMKM yang telah memiliki bidang Inkubator Bisnis dan Halal Center, mampu memberikan kualitas pendamping dan mentor yang membantu terwujudnya hasil keluaran program P5 menjadi baik. *)))

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here