Harga Emas Naik pada waktu Lebaran, Perhatikan Tips Jual Emas Agar Cuan Maksimal

0
12
Harga Emas Naik pada waktu Lebaran, Perhatikan Tips Jual Emas Agar Cuan Maksimal

INFOJAWATIMUR.com – JakartaBagi para penanam modal emas, momen ini bagaikan panen raya. Harga emas dunia serta Indonesia terus meroket pada beberapa pekan terakhir. Dikutip dari Pegadaian, nilai tukar emas batangan dari produsen Antam juga UBS mengalami kenaikan yang dimaksud cukup mencolok. Saat Lebaran, 10 April, harga jual emas batangan Antam untuk ukuran 1 gram mencapai Simbol Rupiah 1.306.000, sementara dari UBS mencapai Simbol Rupiah 1.309.000 per gram.

Emas merupakan salah satu instrumen penanaman modal yang mana berbagai diminati rakyat Indonesia. Harganya yang digunakan relatif stabil serta nilainya yang digunakan cenderung naik pada jangka panjang menjadikan emas sebagai pilihan aman untuk menyimpan kekayaan.

Namun, ketika tiba saatnya untuk berjualan emas, berbagai orang yang mana tidak ada mengetahui cara terbaik untuk melakukannya. Hal ini dapat menyebabkan kerugian, teristimewa jikalau Anda tak memahami faktor-faktor yang dimaksud mempengaruhi nilai emas.

Berikut adalah beberapa tips yang dimaksud dapat membantu Anda berjualan emas dengan cerdas dan juga menghindari kerugian:

1. Pantau Fluktuasi Harga

Langkah pertama adalah memantau fluktuasi biaya emas secara berkala. Anda sanggup memanfaatkan program online atau website resmi dari berbagai toko emas untuk mengetahui biaya terkini. Dengan memantau fluktuasi harga, Anda dapat menentukan waktu yang digunakan tepat untuk mengirimkan emas.

2. Pilih Tempat Penjualan yang Tepat

Ada beberapa tempat yang tersebut bisa saja Anda pilih untuk mengirimkan emas, seperti toko emas, pegadaian, serta bank. Masing-masing tempat mempunyai kelebihan serta kekurangannya sendiri.

3. Pastikan Keaslian Emas

Sebelum mengedarkan emas, pastikan terlebih dahulu keasliannya. Anda sanggup menghadirkan emas ke toko emas terpercaya untuk diuji kadarnya. Emas yang tersebut asli akan memiliki kadar karat yang mana sesuai dengan sertifikatnya.

4. Perhatikan Kelengkapan Dokumen

Jika Anda miliki sertifikat emas, pastikan untuk membawanya pada waktu berjualan emas. Sertifikat emas dapat membantu meningkatkan nilai jual emas Anda.

5. Negosiasikan Harga

Jika memungkinkan, tak perlu ragu untuk menegosiasikan nilai tukar emas dengan penjual. Anda bisa saja membandingkan nilai di area beberapa tempat untuk mendapatkan tarif terbaik.

Bagi mereka yang dimaksud berencana untuk mengirimkan kembali emas, ada prosedur yang tersebut harus diperhatikan terkait dengan potongan pajak. Sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017, terdapat potongan PPh yang tersebut berbeda tergantung pada nominal pelanggan kembali emas.

Secara rinci, ada PPh sebesar 2,5 persen untuk setiap perdagangan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk. dengan nominal lebih besar dari Mata Uang Rupiah 10 juta, khusu bagi pemegang NPWP. Sedangkan bagi yang mana tak mempunyai NPWP, dikenakan PPh sebesar 3 persen.

Meskipun harga jual emas sedang tinggi kemudian ada lonjakan pemasaran di dalam waktu lebaran ini, langkah untuk mengedarkan emas atau tidak ada tetap memperlihatkan tergantung pada tujuan serta keinginan pribadi. Dengan nilai tukar yang tersebut cenderung naik pada jangka panjang, mempertimbangkan aspek penanaman modal juga menjadi penting pada mengambil keputusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here