eksekutif Bocorkan Soal Potensial Harga BBM Naik per 1 Juli Nanti

0
6
eksekutif Bocorkan Soal Berkesempatan Harga BBM Naik per 1 Juli Nanti

JAKARTA – eksekutif mengungkapkan tentang kemungkinan kenaikan tarif material bakar minyak ( BBM ) per 1 Juli 2024 nanti. Menteri Koordinator Area Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pelemahan rupiah hingga gejolak global menjadi indikator yang mana kuat terhadap penyesuaian biaya BBM. Namun, pihaknya mengakui belum ada pembahasan terkait hal tersebut.

“Nanti akan ada pembahasan tersendiri. Tetapi kan jumlahnya telah jelas. Jumlah subsidi tidaklah ada perubahan,” jelasnya di tempat Istana Negara, Jakarta, Mulai Pekan (24/6/2024).

Dia memverifikasi tiada ada alokasi tambahan anggaran subsidi BBM pada Anggaran Pendapatan juga Belanja Negara (APBN) 2024. Hal senada juga dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat berpengaruh terhadap nilai tukar BBM dikarenakan selama ini impor menggunakan dolar AS.

Nilai tukar rupiah pada APBN 2024 diasumsikan sebesar Rp15.000 per USD. Sementara ketika ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat tercatat masih berada pada level Rp16.400-an.

“Maka yang akan terjadi pengaruhnya terhadap belanja-belanja yang digunakan denominasi-nya menggunakan currency asing seperti subsidi listrik, subsidi BBM yang mana sebagian bahannya adalah impor,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here