Pemkot Surabaya Apresiasi AI Visual Art Competition, Tomi Ardiyanto: Kegiatan Ini Mendorong Terwujudnya SDM yang Cerdas!

0
5

INFOJAWATIMUR.com – Pemkot Surabaya mengapresiasi gelaran Artificial Intelligence (AI) Visual Art Competition 2024 yang digagas iniSurabaya.com dan berharap kegiatan positif tersebut lebih dikembangkan lagi untuk pelaksanaan selanjutnya.

“Kami sangat mendukung (kegiatan AI Visual Art Competition). Ini sesuatu yang baru dan harus dikembangkan lagi untuk hasilkan anak-anak masa depan yang hebat. Saya berharap (kegiatan) ini diviralkan,” kata Tomi Ardiyanto AP SSos MSi, Staf Ahli Walikota Surabaya Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan di acara peresmian Pameran Karya AI Visual Art 2024 di Surabaya Suites Hotel, Selasa (2/7/2024).

Tomi yang hadir mewakili Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya juga minta kepala sekolah dan guru mendorong semangat murid-murid agar makin akrab dengan perkembangan teknologi. “Acara ini (AI Visual Art Competition) sangat berkaitan dengan semangat Kota Surabaya yang mendeklarasikan sebagai SmartCity,” ungkapnya.

Tomi menegaskan, kota yang ‘cerdas’ tentu perlu didukung SDM yang cerdas juga. “Dan kegiatan ini sangat mendorong terwujudnya SDM yang cerdas. Karena itu acara ini bisa lebih dikembangkan lagi dan bisa masuk rangkaian agenda Hari Jadi Kota Surabaya,” tandasnya.

Apalagi, lanjut Tomi, melihat jumlah peserta yang sangat banyak ini artinya AI bukan sesuatu yang menakutkan. “Teknologi AI harus kita manfaatkan dengan baik,” pesannya.

Di kesempatan itu, Tomi mengingatkan lapangan kerja akan habis gara-gara perusahaan memakai teknologi AI.

Tomi lalu merujuk kabar Amazon yang memecat ribuan karyawannya dan menggantikannya dengan robot.

Dalam kaitan itu, kata Tomi, menjadi tanggung jawab bersama untuk mempersiapkan generasi masa depan yang dapat menguasai teknologi.

“Teknologi tidak bisa dihindari, tetapi harus dimanfaatkan secara baik!” cetusnya.

Tomi menyatakan, yang merampas peluang kerja dan jadi tantangan adalah bukan teknologi AI-nya, tetapi orang yang mengendalikan teknologi AI-nya. “Dan kalian harus menjadi orang-orang (yang menguasai teknologi) tersebut,” ujarnya kepada para murid SMP-SD yang turut hadir di momen peresmian pameran tersebut.

Di kesempatan itu, Achmad Pramudito, Pemimpin Redaksi iniSurabaya.com mengatakan hal senada. Pria yang akrab disapa mas Pra ini mengingatkan bahwa penguasaan teknologi adalah sebuah keniscayaan.

“Karena pilihannya adalah kita kuasai teknologi atau kita tersingkir oleh teknologi. Melalui kompetisi ini, iniSurabaya.com mencoba memberi kesempatan untuk penguasaan teknologi itu secara positif,” urainya.

Kegiatan yang sudah dimulai sejak akhir Mei 2024 lalu itu diikuti 140 peserta dan menghasilkan sekitar 400 karya. Dari jumlah itu kemudian diseleksi hingga ditemukan masing-masing 10 karya terbaik dan dipamerkan selama sebulan di Surabaya Suites Hotel.

Tahapan selanjutnya adalah memilih para juara yang bakal diumumkan pada 7 Juli mendatang. Sedang penyerahan hadiah dilaksanakan pada 31 Juli bersamaan dengan penutupan pameran.

Acara yang juga dihadari Dr Ikhsan SPsi MM, Sekretaris Daerah Kota dan Ahmad Syaroni MPd, Kabid Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Surabaya ini kemudian dilanjutkan berkeliling menyaksikan 20 karya finalis yang dipajang di area lobi dan Café Taman Surabaya Suites Hotel.

Sebagaimana diketahui kompetisi yang didukung sepenuhnya oleh Surabaya Suites Hotel ini berhadiah total senilai Rp 10 juta dan Piala Wali Kota Surabaya. Para pendukung kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-731 Kota Surabaya ini adalah Sharp Indonesia, PT Smelting, dan Bank Jatim Syariah.

Kegiatan ini juga didukung oleh Leedon Hotel & Suites Surabaya, The Capital Hotel Surabaya, The Capital Hotel Bali, Artotel TS Suites-Surabaya, The Southern Surabaya, Gunawangsa MERR, The Shalimar Boutique Hotel, Yello Jemursari Surabaya, Palm Park Hotel & Convention Surabaya, POP! Hotel Stasiun Kota, KOPIGAYA, Jamu Iboe, dan KAJI Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here