Sinergi Tiga Perusahaan Perkenalkan SinergiAPI Portal dalam Indonesia

0
29
Sinergi Tiga Perusahaan Perkenalkan SinergiAPI Portal pada Indonesia

INFOJAWATIMUR.com – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH), XL Axiata, Axiata Digital Labs (ADL), serta Amazon Web Services (AWS) memperkenalkan SinergiAPI, API Portal pertama pada Indonesia sebagai aksi lanjut dari inisiatif GSMA Open Gateway.

Kolaborasi ini dijalankan untuk memberdayakan pengembang aplikasi mobile dan juga perusahaan, dengan menawarkan akses universal ke layanan API yang tersebut disediakan oleh para operator penyedia jaringan.

GSMA Open Gateway API dirumuskan lalu dikembangkan oleh CAMARA, yang merupakan proyek open-source yang didukung oleh Linux Foundation.

Bersamaan dengan perkenalan SinergiAPI Portal, acara adopsi awal telah terjadi dilaksanakan pada Ibukota Indonesia pada 27 November lalu, menandai langkah signifikan untuk menyediakan akses universal ke API operator telekomunikasi yakni Indosat kemudian XL Axiata bagi para pengembang program dan juga perusahaan pada Indonesia.

Dengan SinergiAPI Portal, para pengembang aplikasi mobile serta perusahaan dapat memanfaatkan API serta mengakses sumber daya jaringan dengan lancar, memperkaya juga mendiferensiasi inovasi-inovasi mereka untuk menciptakan sumber pendapatan baru, meningkatkan pengalaman pelanggan, serta memperluas jangkauan lingkungan ekonomi secara global.

SinergiAPI Portal menawarkan terhadap para pengembang program serta perusahaan untuk mengakses ke tiga API Open Gateway utama dari Indosat dan juga XL Axiata, yaitu SIM Swap, Alat Location Verification, serta Carrier Billing Check-Out.

Logo XL Axiata. [Suara.com/Dythia Novianty]
Logo XL Axiata. [Suara.com/Dythia Novianty]

SIM Swap API memainkan peran penting di mengurangi pencurian identitas lalu pembohongan melalui deteksi real-time serta pencegahan insiden terkait kartu SIM.

API Perangkat Location Verification untuk memverifikasi lokasi perangkat pengguna, sementara API Carrier Billing Check-Out memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah melakukan pembelian online dan juga melakukan pembayaran menggunakan tersisa pulsa mereka.

API lainnya direncakan untuk tersedia pada 2024 dengan masukan dari acara adopsi awal serta sesuai keinginan lingkungan ekonomi Indonesia.

SinergiAPI Portal dibangun di area menghadapi perangkat lunak Axonect Enterprise Marketplace ADL di dalam AWS.

Selaras dengan TM Pertemuan Open Digital Architecture (ODA), Axonect merupakan rangkaian komoditas perubahan digital full-stack yang mana kuat yang digunakan mengupayakan CAMARA dan juga TM Pertemuan Open API.

Axonect Enterprise Marketplace adalah wadah satu atap yang mana sangat dapat disesuaikan, yang memungkinkan perusahaan telekomunikasi lalu perusahaan untuk memulai pembangunan lingkungan mitra B2B2B lalu B2B2C yang dimaksud unik dalam berhadapan dengan kemampuan inti mereka.

Dengan menggunakan Amazon Relational Database Services for Postgres, SinergiAPI Portal dapat secara efisien meningkatkan infrastruktur database untuk mengupayakan perkembangan barang kemudian layanan digitalnya.

Layanan database yang tersebut terkelola sepenuhnya memberikan kemudahan pengaturan, pengelolaan, dan juga pemeliharaan database Postgres juga mendapatkan kegunaan dari fleksibilitas kemudian ketersediaan cloud.

Sanjeev Rawat, Chief Digital Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan strategi pengembangan bersatu yang digunakan melibatkan Indosat Ooredoo Hutchison, XL Axiata, ADL, kemudian AWS.

Kantor Indosat Ooredoo Hutchison. [Suara.com/Dicky Prastya]
Kantor Indosat Ooredoo Hutchison. [Suara.com/Dicky Prastya]

“Fokus utamanya adalah untuk menyoroti pencapaian luar biasa regu di tiga bulan terakhir, yang mana berpuncak pada pembuatan SinergiAPI Portal,” ucapannya di keterangan resminya, Akhir Pekan (24/12/2023).

Inisiatif dan juga kolaborasi pada SinergiAPI selaras dengan tujuan Indosat Ooredoo Hutchison yang mana tambahan besar, yaitu menghubungkan serta memberdayakan setiap warga Indonesia dengan mempercepat metamorfosis digital bangsa.

“Kami sangat menantikan lebih banyak berbagai kemitraan untuk mempercepat digitalisasi Indonesia,” tambah dia.

Lebih lanjut Sanjeev menambahkan bahwa SinergiAPI Portal menyediakan habitat yang tersebut komprehensif untuk mengelola, mendistribusikan, dan juga menggunakan API.

Gateway memfasilitasi aspek teknis pengiriman juga pengelolaan API, sedangkan Portal berfungsi sebagai jaringan untuk penemuan, kolaborasi, lalu proses komersial terkait API.

Director & Chief Enterprise Business & Corporate Affair Officer XL Axiata, Yessie D. Yosetya, mengatakan, kolaborasi sama-sama untuk memperkenalkan SinergiAPI Portal ini merupakan kesempatan bagi kami untuk menggalang pemerintah melakukan percepatan dan juga peningkatan pembangunan perekonomian digital di area masyarakat.

“Kami yakin hal ini akan memberikan kemudahan bagi para pengembang program serta pelaku kegiatan bisnis digital di area Indonesia untuk semakin produktif di mewujudkan perubahan dan juga kreasi-kreasi bisnis, yang digunakan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan usaha mereka itu ataupun bagi penduduk Indonesia secara keseluruhan,” ungkapnya.

Thushera Kawdawatta, direktur utama Axiata Digital Labs, mengungkapkan antusiasmenya terhadap kolaborasi ini, SinergiAPI Portal yang digunakan dibangun di dalam berhadapan dengan Solusi Axonect Enterprise Marketplace ini mewujudkan semangat kolaborasi Axiata Digital Labs, Indosat, XL Axiata, lalu AWS.

“Dengan memberdayakan pengembang aplikasi mobile serta perusahaan dengan akses utama ke jaringan API, memungkinkan kolaborasi kami untuk memacu sinergi, mengupayakan inovasi, serta meningkatkan pengalaman pengguna di dalam seluruh Indonesia,” katanya.

AWS (Amazon Web Services) [Antara]
AWS (Amazon Web Services) [Antara]

Acara adopsi awal SinergiAPI Portal yang diselenggarakan di tempat Ibukota menarik partisipasi tambahan dari 40 mitra perusahaan dari IOH, XL Axiata, kemudian AWS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here