33 Persen Kendaraan Belum Mudik dari Jabotabek, Begini Penerangan Jasa Marga

0
9
33 Persen Kendaraan Belum Mudik dari Jabotabek, Begini Penerangan Jasa Marga

INFOJAWATIMUR.com – JakartaPT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat 1,2  juta kendaraan meninggalkan Jabotabek sejak H-7 hingga H-2 Lebaran 2024 atau pada 3 hingga 8 April 2024. Namun, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengungkapkan masih ada sekitar 628 ribu kendaraan belum melakukan perjalanan mudik.

“Jumlah ini merupakan 33 persen dari total prediksi Jasa Marga terhadap kendaraan yang mana melintasi empat gerbang tol utama,” kata Subakti Syukur melalui keterangan tertulis, Selasa, 9 April 2024. “Jumlah kendaraan ini diprediksi akan tersebar hingga H2 Lebaran atau pada Kamis, 11 April 2024.”

Adapun empat gerbang tol utama yang tersebut dimaksud adalah Gerbang Tol (GT) Cikupa, GT Ciawi, GT Cikampek, dan juga GT Kalihurip Utama. Volume lalu lintas kumulatif sebanyak 1,2 jt kendaraan sejak H-7 hingga H-2 Lebaran itu menunjukkan peningkatan 52 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas normal serta naik 2,2 persen jika dibandingkan dengan lalu lintas periode Lebaran 2023.

Kemudian, dengan prediksi 628 ribu kendaraan yang dimaksud akan tersebar hingga H2 Lebaran 2024, Subakti mengungkapkan pihaknya terus berupaya mempertahankan kinerja lalu lintas untuk mengurai kepadatan di dalam beberapa orang titik dengan Volume per Capacity Ratio (VCR) pada bilangan 0,7. Selain itu, berupaya untuk menjaga kecepatan tempuh rata-rata minimal di tempat 40 km/jam. 

“Bukan semata-mata dalam Tol Jakarta-Cikampek, tapi hingga Semarang,” kata dia.

Lebih lanjut, Subakti mengingatkan penduduk yang akan melakukan perjalanan mudik maupun balik melalui tol untuk memverifikasi kesiapan perjalanan. Mulai dari meyakinkan pengemudi dan juga kendaraan di keadaan prima kemudian laik jalan hingga mempersiapkan perbekalan.

“Kami juga mengimbau untuk menjamin kecukupan BBM serta tersisa uang elektronik,” ujarnya.

Untuk informasi lalu lintas terkini di dalam jalan tol, Subakti mengatakan, rakyat sanggup memantau situasi melalui CCTV real time di dalam tol melalui program Travoy. Data lalu lintas terkini dan juga permintaan pelayanan lalu lintas juga mampu didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga dalam nomor 14080, akun X @PTJASAMARGA, perangkat lunak Travoy serta media sosial resmi Jasa Marga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here