Cara Scan Dokumen Menggunakan Google Drive, Mudah serta Kilat

0
27
Cara Scan Dokumen Menggunakan Google Drive, Mudah dan juga Kilat

INFOJAWATIMUR.com – JAKARTA – Scan dokumen menjadi salah satu ritual yang banyak dilakukan, baik bagi para pelajar maupun pekerja. Sayangnya tidak ada semua orang miliki perangkat lunak scanner.

Tapi jangan khawatir oleh sebab itu aplikasi mobile bawaan Google Drive mampu digunakan untuk scan dokumen. Selain itu, juga memiliki kemampuan untuk mencadangkan dokumen ke cloud.

Dengan begitu, pengguna dapat mengakses dokumen-dokumen yang telah di-scan di tempat seluruh perangkat. Ditambah lagi, ada akses ke semua alat pengeditan yang dimaksud bisa jadi memproduksi dokumen terlihat jelas.

Lantas bagaimana cara scan dokumen menggunakan Google Drive? Berikut langkah-langkahnya, dilansir dari Toms Guide pada Kamis (25/1/2024).

1. Buka aplikasi mobile Google Drive

Hal pertama yang perlu dijalankan adalah menyingkap perangkat lunak Google Drive. Program ini biasanya sudah ada terinstal secara otomatis ketika menyalakan smartphone Android untuk pertama kali.

2. Klik ikon kamera

Setelah Google Drive terbuka, klik ikon kamera yang digunakan berada di tempat sisi kanan, tepat pada berhadapan dengan ikon tanda Plus.

3. Bidik kamera ke dokumen untuk melakukan scan

Selanjutnya sejajarkan dokumen di bingkai kamera pada layar. Pastikan semuanya ada pada bingkai, lalu teks pada halaman jelas lalu terang agar apa yang ada dalam dokumen sanggup terbaca.

4. Lakukan scan

Untuk melakukan scan bisa saja dengan layanan pengambilan otomatis atau juga dengan tombol kamera. Tunggu beberapa detik lalu biarkan Google Drive mengambil sendiri dokumen tersebut. Jika hasilnya kurang memuaskan, lakukan scan ulang.

5. Edit sesuai kebutuhan

Setelah discan, Google Drive akan memberi opsi untuk mengedit dokumen sebelum diunggah ke cloud . Ini adalah termasuk mengubah potongan, membersihkan area gambar, juga menambahkan filter.

6. Klik Selesai

Apabila hasil scan telah sesuai dengan keinginan, klik tombol Selesai yang dimaksud bisa saja ditemukan di tempat sudut kanan atas. Nantinya Google Drive akan mengunggah dokumen yang mana dipindai ke penyimpanan cloud serta dokumen siap diakses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here