Inovatif serta Punya Layanan Unggul, Ini adalah 5 Pemenang Pengusaha Muda BRILiaN 2023!

0
18
Inovatif juga Punya Layanan Unggul, Hal ini adalah 5 Pemenang Pengusaha Muda BRILiaN 2023!
INFOJAWATIMUR.com – Tumbuh kembang UMKM perlu difasilitasi juga apresiasi agar perannya sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia semakin kuat. Dengan alasan tersebut, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menyelenggarakan inisiatif akselerasi usaha Pengusaha Muda BRILiaN (PMB) 2023.

Program yang dimaksud berlangsung sejak Agustus 2023 ini sudah pernah menerima ribuan enterpreneur muda yang dimaksud mendaftar untuk kemudian menjalankan proses seleksi lalu inkubasi kegiatan bisnis sejak September 2023. Terkurasi sebanyak 100 partisipan pada tahap awal kompetisi, hingga kemudian terpilih Top 21 yang mana berasal dari 10 wilayah pada Indonesia diantaranya Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, Lampung, Bali, juga Makassar.

Dari total tersebut, BRI menetapkan 5 Pemenang PMB 2023 yang mana diserahkan segera oleh Direktur Bisnis Kecil lalu Menengah BRI, Amam Sukriyanto pada Closing Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR, Minggu, (10/12/2023). Amam mengatakan, melalui pelaksanaan PMB 2023 ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif dan juga luas terhadap kemajuan lalu pengembangan kapasitas dan juga kualitas UMKM.

“Dan tentunya tercipta tambahan sejumlah lagi pengusaha-pengusaha muda baru dengan kegiatan bisnis yang tersebut lebih banyak inovatif dan juga kreatif, yang tersebut nantinya dapat menopang juga menggalakkan perekonomian Indonesia serta sekaligus sebagai dukungan BRI di mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara progresif berpenghasilan tinggi,” ucap Amam.

Adapun lima Pengusaha Muda yang digunakan meraih penghargaan yang disebutkan adalah: Orlenalycious dari Bali (Juara 1), Varesse dari Ibukota Indonesia (Juara 2), Cahaya Naturals dari DKI Jakarta (Juara 3), HaluanBali dari Bali (Harapan 1), serta Bakso Sritikah dari Malang (Harapan 2). Para pemenang berhasil memukau komite juri dengan pembaharuan juga keunggulan item yang mana mereka tawarkan.

Dalam tahap penjurian akhir, terlibat beberapa sosok yang digunakan berpengaruh untuk menilai ke-21 finalis, antara lain Dr. Kilala Tilaar sebagai pimpinan Martha Tilaar Group, Fetty Kwartaty sebagai pimpinan Sarinah, Billy Boen sebagai Super Mentor PMB 2023, Ronald Walla sebagai Head of SME Apindo, Richie Wirjan sebagai Principal PMB 2023, dan juga Natalia Veronica sebagai Division Head of Value and Assets Product Development BRI.

Juara I: Orlenalycious dari Bali

“Patut dicontoh, Juara 1 dengan kontestan umur 20 tahun telah pandai di membaca prospek pasar, kami juga ucapkan selamat terhadap seluruh pemenang PMB 2023 lainnya, semoga yang tersebut muda tidak ada takut untuk memulai” ujar Amam.

Pemenang Juara Satu Pengusaha Muda BRILiaN 2023 ini diraih oleh Orlenalycious dari Bali. Usaha ini didirikan oleh Putu Metta Puspita Dewi sejak tahun 2018. Orlenalycious memproduksi barang brownies serta croissant sebagai sweet dessert untuk anak muda berusia di tempat Denpasar Bali. Prouk unik, setiap saat berinovasi serta menggunakan substansi berkualitas dengan tarif terjangkau.

” Pengaruh PMB sangat besar! Dari PMB aku jadi melakukan banyak banget perubahan. Aku jadi tahu proses HAKI, menimbulkan landing page website, lalu aku tahu bagaimana tindakan untuk engage identik customer. Kalau gak ada PMB mungkin saja aku gak tau value itu,” ungkap Putu Metta Puspita Dewi.

Juara II: Varesse dari Jakarta

Selanjutnya, Marcella Yanita K dinobatkan sebagai runner up PMB 2023. Varesse, Perusahaan perawatan rambut, menawarkan Solusi hair loss dengan produknya untuk untuk pria serta Wanita usia 25-70 tahun di dalam level SES A.

“Pengaruh PMB untuk usahaku itu cukup besar sekali pengaruhnya sebab berbagai saran dan juga masukan yang dimaksud dikasih dari para Super Mentor yang tersebut sanggup membantu bukanlah cuma dari sisi omzet, awareness, exposure, juga informasi-informasi baru yang dimaksud diberikan,” ujar Marcella Yanita K

Juara III: Cahaya Naturals – Jakarta

Amadeus Yeremia Probowo sebagai Juara 3. Cahaya Naturals menyediakan hasil perawatan epidermis alami yang berbasis sains, untuk bayi lalu dewasa dengan dermis kering dan juga sensitif eskim sehingga mereka itu dapat mengatasi Aspek Kesehatan dermis secara alami tanpa perlu menggunakan obat steroid berbahaya.

‘’Saya sangat bersyukur menghadapi semua tugas-tugas dan juga feedback yang mana diberikan oleh para mentor PMB. Semoga PMB tetap memperlihatkan ada supaya dapat membantu lebih besar berbagai UMKM lalu scope-nya diperluas supaya mampu menjaring lebih banyak berbagai lagi UMKM yang tersebut memang benar berprestasi di area Indonesia juga dapat mengakibatkan dampak bagi perekonomian Indonesia’, ujar Amadeus Yeremia Probowo.

Juara Harapan 1: HaluanBali – Bali

Defria Amelia Kirana sebagai Juara Harapan 1. Haluan Bali menghasilkan produk-produk fashion berbasis sustainable fashion digital brand untuk pencipta outfif colorful lalu cinta Indonesia.

‘’ Pengaruh PMB untuk Haluan Bali dari awal itu mengalami meningkatan omzet sampai 30%. Tapi yang dimaksud paling keren, tidak cuma dari pendapatan yang kita dapatkan tapi juga insight para Super Mentor yang tersebut luar biasa yang digunakan memproduksi Haluan Bali berpikir keras untuk memberikan yang tersebut terbaik dalam 2024 nanti,” ujar Defria Amelia Kirana.

Juara Harapan 2: Bakso Sritikah – Malang

PT Restu Ibu Grup memproduksi Bakso Srtitikah, varian bakso Malang pada kemasan siap saji. Pelanggan utamanya adalah pekerja migran Indonesia di tempat Hongkong.

Jadi rasanya seneng banget menjadi pemenang PMB 2023, tapi itu hanya sekali bonus kecil aja untuk kita. Karena bonus terbesarnya adalah inisiatif PMB itu sendiri. Ujar Eko Susanto.

Pemenang PMB 2023 berhak mendapatkan total hadiah hingga beratus-ratus jt rupiah serta para pemenang juga berkesempatan mendapatkan pinjaman dengan suku bunga 0% dari BRI dan juga free trial advance dari aplikasi mobile Majoo selama 6 bulan. Di samping itu, BRI juga masih konsisten mempertajam fokus pembiayaan pada sektor UMKM sebagai backbone utama usaha perseroan.)***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here