Sering Diremehkan Hingga Dipandang Sebelah Mata, Gelaran Hal ini Ubah Stereotipe Wibu juga Cosplayer

0
26
Sering Diremehkan Hingga Dipandang Sebelah Mata, Gelaran Hal ini Ubah Stereotipe Wibu juga Cosplayer

INFOJAWATIMUR.com – Subkultur Negeri Sakura bertumbuh pesat di area Indonesia. Hal itu terlihat dengan pagelaran acara mengusung tema yang dimaksud kemudian mulai bermunculannya cosplayer baru.

Semakin masifnya keberadaan para cosplayer memunculkan kesenjangan dari publik umum serta wibu, sebutan fans subkultur Jepang. Cosplayer seringkali diremehkan, dipandang sebelah mata, lalu cenderung dianggap tiada penting di area balik rangkaian unjuk giginya berdandan, mulai dari segi kostum, wig dan juga aksesoris, hingga make-up karakter yang dikenakan ketika merepresentasikan sebuah karakter yang dimaksud mereka itu mainkan.

Hal ini menciptakan PT Wibu Maju Bersama, pelopor marketplace di dalam bidang Anime, Comic, juga Gaming (ACG), menghadirkan HaluApp Awards 2023. Hal ini merupakan turnamen penghargaan untuk mengapresiasi para cosplayer dan juga kreator ACG.

Gelaran apresiasi Wibu juga Cosplayer. (Dok. Istimewa)
Gelaran apresiasi Wibu dan juga Cosplayer. (Dok. Istimewa)

Co Penggagas Halu App, Marcell Tee, mengungkapkan bahwa pihaknya mempunyai visi misi menggandeng cosplayer kemudian konten kreator pada bidang ACG sebagai salah satu pilar subkultur Negeri Matahari Terbit di dalam Indonesia untuk mematahkan persepsi rakyat bahwa cosplayer tiada belaka sebatas kostum serta riasan. Mereka berjuang merancang stereotip baru, dengan memberikan tanda apresiasi untuk cosplayer dan juga membuktikan bahwa cosplayer pantas untuk mendapatkan panggung utama.

Marcell Tee, mengatakan, bahwa dengan total hadiah lebih besar dari Simbol Rupiah 100 jt waktu malam penghargaan HaluApp akan diselenggarakan pada 2 Februari 2024 dengan perebutan tiga kategori.

“Kategori pertama, Wibu’s Choice Awards 2023, kategori mengundang rakyat memberikan ucapan dukungan untuk cosplayer favorit. Kategori kedua, HaluApp Cosplayer MVP Awards 2023 merupakan kategori penilaian kreator berdasar keberhasilan menghimpun pendapatan terbanyak pada wadah HaluApp. Kategori ketiga, Shining HaluStar Awards 2023 menjadi kategori spesial untuk cosplayer yang dimaksud mau tumbuh bersatu HaluApp kedepannya juga memaksimalkan potensi,” papar Marcell.

Sementara itu, Andree Wijaya, Co Founder Halu App juga mengatakan, bahwa HaluApp Awards 2023 tak dapat berjalan tanpa adanya dukungan warga Indonesia.

“Masyarakat Indonesia miliki hak pengumuman untuk menggalang cosplayer melalui pada laman website HaluApp. Semakin banyak dukungan yang tersebut diberikan masyarakat, semakin tinggi kesempatan cosplayer untuk mendapatkan penghargaan juga hadiah dari HaluApp Awards 2023. Untuk menunjukkan transparansi pemilihan kata-kata penduduk untuk cosplayer, sistem pemungutan kata-kata dapat diakses secara dengan segera pada media sosial TikTok Halu.App”, jelas Andree.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here