Sinergi Media-Korporasi Bantu 3 Panti Asuhan dan Anak yatim Piatu di Kota Surabaya

0
61

infoJAWATIMUR.com – Komunitas Wartawan Ekonomi Bisnis (KWEB) Surabaya didukung sejumlah korporasi kembali mengadakan kegiatan sosial di bulan Ramadan.

Untuk aksi amal yang keempat di momen Ramadan 1444 H ini, KWEB menyalurkan bantuan operasional untuk tiga pengurus panti asuhan dan uang saku bagi 125 anak yatim piatu dan dhuafa di tiga panti asuhan di Kota Surabaya.

Ketiga panti tersebut yakni di Panti Asuhan Cahaya Insani Jalan Gubeng Kertajaya 3 No 3, Panti Asuhan Al Iksan di Jalan Simo Sidomulyo 5/26, dan Panti Asuhan Darul Aitam Jalan Raya Menganti Golongan 1, Babatan Wiyung.

Bantuan yang diberikan berupa aneka kebutuhan pokok seperti beras, minyak, susu, sarden, gula, mie instan, minuman, sosis dan kopi. Selain bantuan paket sembako kepada pengurus panti asuhan, uang saku kepada anak yatim piatu dan dhuafa, juga bantuan dana ke tiga pengurus panti asuhan tersebut.

Menurut Harry Prasodjo, Ketua Pelaksana ‘Gebyar Amal Ramadan Komunitas Wartawan Ekonomi Bisnis Surabaya 1444 Hijriyah’, kegiatan rutin tahunan ini merupakan bentuk kepedulian media kepada lingkungan sekitar.

“Ini kegiatan regular tiap tahun sebagai bentuk kepedulian para jurnalis terhadap lingkungan sekitar, khususnya anak yatim piatu yang ada di sejumlah panti asuhan.

Harapannya semangat berbagi ini bisa berkelanjutan pada tahun mendatang dengan jumlah lebih besar,” ungkap Harry, Sabtu (15/4/2023).

Harry menambahkan, Kegiatan Gebyar Amal Ramadan KWEB kali ini didukung donatur dari sejumlah korporasi  seperti Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Smartfren, Kliring Berjangka Indonesia (KBI), Pertamina Gas Negara (PGN), Pertamina Patra Niaga Jatim Balinus, PLN, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia.

Juga Yayasan Bahrul Maghfiroh Cinta Indonesia (pengelola donasi konsumen Alfamidi), Japva, Hisana Fried Chicken dan Patra Raya.

mengaku sangat senang dan bersyukur dengan kegiatan yang dilakukan.

“Ini tahun kedua panti kami mendapat bantuan dari Komunitas Wartawan Ekonomi Bisnis Surabaya,” ujar Husniati, Perwakilan Panti Asuhan Cahaya Insani.

Husniati memaparkan Panti Asuhan Cahaya Insani dihuni 35 anak usia 4 tahun sampai kelas II SMK. Kegiatan di panti asuhan ini komplit mulai mengaji hingga kegiatan ekstra seperti menjahit dan komputer.

“Terbanyak sekitar 70 persen yatim piatu, sisanya dhuafa,” kata Husniati.

Sementara Muhaimin, Ketua Ponpes dan Panti Asuhan Al Ikhsan mengatakan, meski pandemi sudah melandai, panti asuhan membutuhkan biaya yang lumayan besar.

“Saya senang teman-teman media tetap menjalin silaturahmi dengan bentuk bingkisan dan bantuan kepada pengurus dan anak-anak panti asuhan. Mudah-mudahan tetap eksis dan istiqomah dengan kegiatan berbagi ini,” tegasnya.

Hal senada diucapkan Krisbanu, Ketua Panti Asuhan Darul Aitam. “Anak yatim piatu di sini memang tidak menginap, namun bertempat tinggal di rumah masing-masing. Sebanyak 75 anak yatim piatu yang kita koordinasi untuk jenjang pendidikan SD sampai SMU,” bebernya.

Ditemui terpisah, Dimas Yuliharto, Sekretaris LPS mengatakan sangat mendukung kegiatan sosial yang diselenggarakan KWEB Surabaya. “Kami sangat mengapresiasi inisiasi teman-teman media yang selama ini menjalani rutinitas sebagai jurnalis, tapi tetap peduli dengan sesama dalam bentuk bantuan kepada yayasan panti asuhan juga anak-anak yatim piatu,” kata Dimas Yuliharto.

Edi Arnawiria, General Manager Sales and Operation Region III PT PGN Tbk pun menyambut baik gagasan awak media yang tergabung dalam KWEB dengan kegiatan kemanusiaan seperti ini.

“Jadi tidak hanya mencari dan mengejar berita, tetapi juga aksi sosial kemanusiaan. Hebatnya lagi, ini digelar rutin setiap Ramadan, dan ini tahun ke empat. Semoga amanah dan bermanfaat,” ujarnya.

Armytanti Hanum Kasmito, Regional Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia mengapresiasi kegiatan kolaboratif bersama komunitas jurnalis dalam menumbuhkan kepedulian sosial pada sesama tersebut.

“Ramadan merupakan bulan yang melambangkan belas kasih, pengampunan, berkah, dan berbagi. Kami percaya akan pentingnya memberi kembali kepada masyarakat. Di CCEP Indonesia, kami berkomitmen untuk menciptakan perbedaan positif, baik di tempat kerja maupun komunitas lokal di area operasional bisnis kami,” urainya.

H Moch Subandi, Direktur Utama PT PatraRaya berharap aksi berbagi KWEB ini bisa bermanfaat bagi panti asuhan, khususnya di bulan Ramadan.

“Semoga yang diberikan Komunitas WEB ini bisa memberikan semangat bagi anak-anak yatim piatu dan terkhususnya bagi para pengurus panti asuhan. Kedepannya, komunitas WEB tetap bisa melanjutkan kegiatan bantuan sosial seperti ini dan juga bisa merambah ke panti asuhan lainnya,” tandasnya. ap

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here