Top 3 Tekno: UTBK kemudian Tips Berhasil Seleksi Mandiri, Gempa juga BMKG

0
6
Top 3 Tekno: UTBK kemudian Tips Berhasil Seleksi Mandiri, Gempa juga BMKG

INFOJAWATIMUR.com – Jakarta – Top 3 Tekno Berita Terkini pada Hari Minggu pagi ini, 28 April 2024, dimulai dari artikel berisi tips strategi mengoptimalkan skor UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) untuk bisa jadi lolos seleksi mandiri di area perguruan tinggi negeri. Ini adalah lantaran sejak 2023 seleksi masuk perguruan tinggi negeri dalam Indonesia jalur mandiri dipermudah dengan menggunakan nilai UTBK saja.

Berita terpopuler kedua datang dari kejadian gempa kuat dari laut selatan Jawa Barat pada Hari Sabtu mendekati berada dalam malam, 27 April 2024. Menurut BMKG, kekuatan gempa yang guncangannya dirasakan nyata dalam di rumah di dalam Ibukota Indonesia itu berada pada Magnitudo 6,2–diperbarui dari M6,5. 

Prediksi cuaca BMKG menyatakan mayoritas wilayah pada Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat  yang disertai petir dan angin kencang pada Hari Sabtu menjadi yang tersebut terpopuler ketiga. Berikut Top 3 Tekno Berita Terkini pada Akhir Pekan pagi ini, 28 April 2024, selengkapnya.

1. Seleksi Mandiri di tempat Sejumlah Kampus Bisa Gunakan Angka UTBK: 5 Tips Mengoptimalkan agar Lolos

Sejak 2023 seleksi masuk perguruan tinggi negeri di area Indonesia jalur mandiri dipermudah dengan menggunakan Nilai UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) saja. Tentunya ini menjadi angin segar bagi para partisipan yang tersebut masih ingin memperjuangkan jurusan dan juga kampus impiannya, tanpa perlu lagi mengikuti ujian tulis dalam banyak kampus.

Hanya tinggal menginput nilai hasil UTBK dan memilih acara studi yang tersebut diinginkan pada jalur seleksi mandiri terbaru.

Sebelumnya diberitakan, terkait pelaksanaan UTBK SNBT 2024 cukup menguntungkan kontestan sebab tiada terdapat sistem skor minus untuk jawaban yang salah. Melainkan menggunakan Item Response Theory (IRT), dalam mana untuk jawaban benar akan mendapat bobot tertinggi juga yang digunakan kurang tepat bobotnya rendah. Karenanya strategi pengoptimalan skor UTBK pada jalur seleksi mandiri juga perlu diterapkan agar tiada gagal kesekian kalinya.

2. Gempa yang Mengguncang Kencang Garut hingga Jakarta, Hal ini Angka dan juga Penerangan BMKG

BMKG memperbarui informasi gempa yang mengguncang kuat dari laut selatan Pulau Jawa pada Kamis mendekati sedang malam, 27 April 2024. Menurut BMKG, kekuatan gempa yang digunakan guncangannya dirasakan nyata pada pada rumah di dalam Ibukota Indonesia itu berada pada Magnitudo 6,2–diperbarui dari M6,5.   

Begitu juga dengan episentrum lalu hiposentrum dari lindu yang digunakan dicatat terjadi pada pukul 23.29 WIB. Pusat gempa disebutkan berada pada jarak 156 kilometer arah barat daya Kota Garut, kedalamannya 70 kilometer. Informasi yang dimaksud mengoreksi keterangan awal 151 serta 10 kilometer.

“Gempa bumi yang digunakan terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan pada lempeng Indo-Australia yang digunakan tersubduksi di area bawah lempeng Eurasia dalam selatan Jawa barat atau populer disebut sebagai gempa di lempeng (intra-slab earthquake),” tutur Kepala Pusat Gempa Bumi dan juga Tsunami BMKG, Daryono, di keterangan tertoreh yang tersebut dibagikannya pascagempa.

3. BMKG: Mayoritas Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan juga Angin Kencang

Badan Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) menyatakan mayoritas wilayah di tempat Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat dengan kecepatan 50 milimeter per hari yang digunakan disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Sabtu, 27 April 2024.

BMKG sebagaimana dikutipkan Antara, menyatakan area pertemuan serta perlambatan kecepatan angin atau konvergensi terpantau memanjang dari dari Samudra Hindia barat Sumatera Barat hingga Samudra Hindia barat Lampung, juga dari Jambi hingga Sumatera Barat.

Daerah konvergensi juga meliputi dari Sumatera Selatan hingga Bengkulu, dari Laut Jawa hingga Lampung, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dari Papua Barat hingga Papua Barat Daya, dan juga dari Papua hingga Papua Tengah kemudian Papua Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here