8 Gunung Berapi Bawah Laut di dalam Indonesia

0
41
8 Gunung Berapi Bawah Laut di area pada Indonesia

INFOJAWATIMUR.com   – Indonesia, sebagai negara kepulauan, memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk gunung berapi, tak hanya sekali di tempat daratan, namun juga di tempat bawah permukaan laut yang tersebut tersebar di tempat berbagai wilayah.

Terletak dalam pertemuan tiga lempeng tektonik besar, serta dilalui dua jalur gunung api muda, Sirkum Pasifik kemudian Mediterania, Indonesia menjadi rumah bagi beberapa orang gunung berapi bawah laut.

Dari catatan Pusat Vulkanologi juga Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), terdapat 8 gunung api bawah laut yang dimaksud telah ditemukan pada Indonesia.

1. Gunung Api Bawah Laut Jogo Jagat

Berada 200 kilometer dalam sisi barat daya Pacitan, Jogo Jagat memiliki kedalaman dasar laut naik 2.200 meter dari semula 6.000 meter sehingga puncak Jogo Jagat berada pada sekitar kedalaman 3.800 meter. Diameternya mencapai 10.000 meter.

2. Gunung Api Bawah Laut Hobal

Gunung Api Hobal, yang dimaksud terletak pada Atadei, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, menjadi sebuah misteri dikarenakan ketinggian pastinya belum diketahui.

Pada 1999, keberadaannya menarik perhatian ketika asap putih setinggi tambahan dari 100 meter menyembur dari permukaan laut. Sebuah keindahan alam yang dimaksud menyimpan misteri pada kedalaman laut.

3. Gunung Api Bawah Laut Banua Wuhu

Gunung Banua Wuhu, terletak dalam perairan Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, mempunyai catatan sejarah dengan aktivitas terakhir pada tahun 1919. Ketinggiannya diperkirakan mencapai 400 meter dari dasar laut, menjadi saksi bisu dari perjalanan waktu di tempat lautan.

4. Gunung Api Bawah Laut Submarine Volcano 1922

Gunung Submarine Volcano 1922, terletak di tempat Kepulauan Sangir Talaud, Sulawesi Utara, menyimpan kisah erupsi pasca rentetan gempa bumi sejak 1912. Ketinggian gunung ini belum diketahui. Namun lokasinya berada sekitar 5.000 meter di area bawah permukaan laut.

5. Gunung Api Bawah Laut Nieuwerkerk

Diketahui sebagai gunung api kembar bawah laut, puncak I kemudian II dipisahkan oleh sadel dengan kedalaman 600 meter. Aktivitas terakhir gunung api yang tersebut terletak pada Daerah Maluku Tengah, Provinsi Maluku, ini tercatat pada 1927.

6. Gunung Api Bawah Laut Yersey

Gunung Yersey, dengan kondisi diperkirakan memiliki punggungan menjulang sekitar 600 meter dari permukaan laut. Kondisi gunung yang dimaksud terletak pada Laut Banda Selatan ini terakhir belum diketahui.

7. Gunung Api Bawah Laut Emperor of China

Berlokasi di dalam Bagian Barat Laut Banda, Gunung Emperor of China menjadi penutup daftar gunung berapi bawah laut pada Indonesia. Dengan tinggi dari dasar laut sekitar 1.500 meter pada kedalaman 2.850 meter, aktivitas terakhirnya tercatat pada 1927.

8. Gunung Api Bawah Laut Kawio Barat

Gunung Kawio Barat, ditemukan oleh pasukan peneliti Indonesia-Amerika di area perairan kepulauan Sangihe Talaud, Sulawesi Utara, menghadirkan kita ke kedalaman 3.400 meter pada bawah laut. Nama Kawio Barat diambil dari lokasinya yang dimaksud berdekatan dengan pulau Kawio.

Selain sebagai gunung api bawah laut, tempat ini juga menjadi rumah bagi beberapa titik sumber panas bumi serta ribuan spesies unik yang digunakan hidup dengan memakan bakteri di area sekitarnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here