Aktivis dan Professor Langka itu Tutup Usia

0
45

INFOJAWATIMUR.com – Berita duka menyelimuti dunia pendidikan. Prof. Dr. Ihyaul Ulum, S.E., M.Si., Ak., CA , salah satu guru besar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM Malang) meninggal dunia pada Selasa (28/11/2023).

Prof Ulum banyak bergelut di dunia intellectual capital (modal intelektual). Bahkan, dia menciptakan model ukuran dari intellectual capital (IC). Temuan formula ini dinamainya dengan Modified Value Added Intellectual Coefficient (MVAIC). Fungsinya, untuk mengukur kinerja dari organisasi yang memiliki modal intelektual.

Dikukuhkan sebagai profesor pada 17 September 2020. Masa ganas-ganasnya Covid. Makanya pengukuhannya di ruang terbuka dalam sidang terbuka. Di halaman kampus putih UMM.

Cak Prof Ulum, panggilan akrabnya, didiagnosis ginjalnya tidak bisa berfungsi sejak Maret 2021. Namun sejak saat diwajibkan cuci darah, justru Cak Prof Ulum ini memiliki kemauan dan kemampuan yang cukup kuat untuk terus exist, tanpa harus terjadwal seminggu dua kali cuci darah.

Buah pemikirannya itu kini sudah terbit di salah satu jurnal internasional di Amerika Serikat (AS). MVAIC juga sudah didaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham). Bahkan, diakuinya, model MVAIC telah dipakai banyak peneliti asing untuk mengukur kinerja perusahaan publik di Hongkong, Amerika, Australia, hingga London.

Diketahui Prof Ulum merupakan dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMM. Selain itu dia juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi. Prof Ihyaul Ulum merupakan Guru Besar Bidang Akuntansi yang dikukuhkan pada tahun 2020 silam.

Selama hidupnya  Prof Ulum merupakan dosen yang berprestasi.  Dia pernah dinobatkan sebagai Dosen Berprestasi I, hasil pemilihan tingkat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII tahun 2019.Ulum dinobatkan sebagai Dosen Berprestasi di kategori Sosial Humaniora.

Prof Ihyaul meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

)***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here