Angkutan Logistik Masih Didominasi Angkutan Darat, DPR: Telan Biaya Besar

0
10
Angkutan Logistik Masih Didominasi Angkutan Darat, DPR: Telan Biaya Besar

INFOJAWATIMUR.com – Jakarta – Anggota Komisi V DPR Syahrul Aidi Maazat, menyoroti kinerja Kementerian Perhubungan masalah pergerakan barang di area Indonesia masih didominasi angkutan darat hingga 91 persen. “Semangat kita bagaimana menekan biaya logistik yang dimaksud cukup tinggi,” ujar Syahrul di tempat Senayan, Rabu, 5 Juni 2024.

Jika pemanfaatan pergerakan logistik dalam Indonesia masih didominasi angkutan darat, menurut Syahrul, otomatis akan menelan biaya logistik sangat besar. Berdasarkan catatan DPR, fungsi kereta angkutan logistik pada Indonesia baru berada di area bilangan bulat 0,7 persen. Sementara kereta angkutan barang di tempat Amerika sebesar 28 persen, di tempat Eropa 18 persen. “Artinya kita belum memaksimalkan fungsi kereta api sebagai angkutan untuk memurahkan biaya logistik,” ujar dia.

Dalam kesempatan yang tersebut sama, Syahrul juga berharap kinerja pengoperasian angkutan kereta api harus ditingkatkan. “Share angkutan barang menjadi 11-13 persen pada 2030 sesuai target rencana hidup perkeretaapian nasional,” ucap dia.

Selain itu menurutnya, kereta api juga harus memperbaiki tata kelola pengoperasian juga perawatannya. Agar kecelakaan seperti yang dialami Argo Semeru rute Surabaya Gubeng-Gambir pada Oktober tahun lalu, tak terjadi lagi.

Dalam persoalan hukum seperti itu, Syahrul menyatakan seharusnya ada lembaga independen yang mana bertugas melakukan pemeliharaan prasarana perkeretaapian agar tidaklah terjadi tumpang tindih tugas antara pelayanan transportasi kereta dengan pemeliharaan prasarana perkeretaapian.

IHSAN RELIUBUN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here