Dorong Percepatan Tumbuhnya Wirausaha , STIE Indonesia Malang Jajaki Kerjasama Dengan FOKUS UMKM dan FBI

0
82

Infojawatimur.com.com – Dukungan dari perguruan tinggi pada UMKM juga dapat membantu menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Sebagai institusi pendidikan yang memiliki peran penting dalam pembentukan sumber daya manusia, perguruan tinggi dapat membantu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pelaku UMKM sehingga mereka dapat mengembangkan bisnisnya dengan lebih baik.

Hal ini pula yang mendasari pentingnya Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam implementasinya pada dunia usaha dan dunia industri. Sehingga pada Minggu 25 Juni 2023, Ketua STIE Indonesia Malang Dr.Hj. Amelia Setyawati, SH.,MM, menjajaki kerjasama lebih intensif dengan lembaga yang konsisten dan komitmen terhadap bangkitnya wirausaha diseluruh Indonesia yakni FOKUS UMKM .

“Pertemuan saya hari ini dengan Direktur Eksekutif FOKUS UMKM merupakan jawaban kebutuhan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Malang, mewujudkan mahasiwa yang mandiri dan mampu membuka lapangan pekerjaan serta dalam rangka pentingnya mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di tanah air. Hal ini tidak hanya untuk meningkatkan kualitas UMKM, tetapi juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional” ujar Amelia Setyawati.

Alumni dan Mahasiwa STIE INDONESIA Malang yang telah banyak prestasi nasional dan internasionalnya merupakan prestasi yang luar biasa dari STIE INDONESIA Malang.

Dukungan dari FOKUS UMKM pada perguruan tinggi dapat berupa berbagai hal, seperti memberikan pelatihan dan pendampingan kepada Fasilitator dan pelaku UMKM, mengadakan program inkubasi dan akselerasi bisnis, serta membuka akses terhadap sumber daya dan teknologi yang dibutuhkan oleh UMKM.

Selain itu, perguruan tinggi juga dapat membantu meningkatkan kualitas produk UMKM melalui penelitian dan pengembangan produk serta pengujian kualitas. Dalam hal ini, perguruan tinggi dapat berperan sebagai pusat riset dan pengembangan yang dapat membantu UMKM untuk meningkatkan kualitas produk dan proses produksi.

“STIE Indonesia yang cukup diperhitungkan peran pendidikan tinggi nya juga dapat membantu memperluas jaringan pemasaran UMKM melalui kerjasama dengan industri dan perusahaan besar” kata Ririn Susanti , Wakil Direktur Kemitraan FOKUS UMKM dalam kesempatan yang sama.

FOKUS UMKM merupakan lembaga NGO yang aktif dalam Pelatihan , Pendampingan , Mentoring , Inkubasi Bisnis , Training , Penyelenggaraan Event , Kurasi Produk , Sertifikasi Profesi (www.fokusumkm4go.com)

FBI (FASNAS BOSS INDONESIA ) adalah wadah Fasilitator Nasional yang aktif berkontribusi dan kolaborasi mendukung Pemerintah dalam percepatan legalitas usaha dan sertifikasi produk (www.fasnas-boss.org/info)

“Dengan adanya kerjasama ini, UMKM dapat memperluas akses ke pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing produk. Dan kami yakin peningkatan jumlah pendampingan UMKM (Fasilitator) dapat dimulai dari mahasiswa STIE Indonesia Malang ini melalui kerjasama dengan FOKUS UMKM yang telah banyak bekontribusi pada peningkatan kualitas pendamping (Mentor) UMKM ditanah air sejak 2007” kata Ari Prabowo, Direkrut FBI menutup pertemuan singkat dengan Pimpinan STIE INDONESIA Malang Minggu sore ini.)**BAP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here