Padupadankan Kebaya dan Hijab Motif Wayang, Citra Oktavia : Kita Harus Bangga Budaya Nusantara

0
45

infoJAWATIMUR.com – Kebaya dikenal luas sebagai busana nasional dan sering dikenakan di banyak acara, baik acara formal maupun kaum Hawa saat arisan.

Busana dengan atasan yang dibuat dari bahan brokat ini kian kental nuansa nusantaranya ketika dipadupadankan dengan hijab bermotif wayang.

Padupadan itulah yang diperagakan model yang membawakan koleksi C Scarves di panggung Surabaya Great Expo 2023 di Exhibition Hall Grand City Surabaya, Minggu (20/8/2023).

Sore itu tujuh model dengan balutan kebaya aneka warna plus didukung hijab yang unik. Ketika diperhatikan dengan cermat, hijab warna-warna pastel itu berhiaskan gambar wayang. Ada yang berupa tokoh Rama dan Shinta, ada pula berbentuk gunungan.

“Hijab motif wayang Rama Shinta ini baru pertama kalinya dilaunching,” kata Citra Oktavia Mochtar, owner C Scarves yang memproduksi hijab unik tersebut.

Ditemui sesaat sebelum naik panggung, Citra menambahkan sengaja memilih wayang untuk menunjukkan ragam budaya Indonesia. “Ini sebagai ungkapan kebanggaan atas budaya kita. Maka di lembaran hijab ini gambar wayang itu kami torehkan sebagai motif hijab,” paparnya.

Dan momen peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI ini sengaja dia manfaatkan untuk merilis motif anyar hijab tersebut. “Sebagai bangsa yang dikenal budayanya yang beragam, wayang sangat menonjol. Dan tentu harapannya juga disuka orang-orang di luar negeri ini,” tuturnya.

Pemilik Citra Bridal Surabaya ini menambahkan, perlu waktu sebulan untuk menyiapkan desain wayang Rama Shinta dan gunungan tersebut. Selain gambar tokoh Rama Shinta, dan gunungan, C Scarves juga berkreasi membuat hijab motif masjid.

“Kebaya itu kan nusantara banget. Sekarang kekuatan budaya itu didukung hijab wayang. Kita harus bangga dengan budaya sendiri,” tegasnya.

Hijab printing itu disajikan dalam warna-warna pastel seperti hijau, biru, dan cokelat. “Cocok dikenakan untuk beragam acara,” urainya.

Citra tak menepis akan mengembangkan motif-motif lainnya yang tak lepas dari nuansa kedaerahan nusantara. “Harganya terjangkau, kisaran Rp 200.000. Sambil melihat respons pasar dulu,” imbuh Citra yang sejak kuliah bergelut di bidang entertainmen. ari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here