Pantas Dititipkan Jadi Menteri Prabowo, Ini adalah Jasa Pratikno Buat Jokowi lalu Gibran

0
14
Pantas Dititipkan Jadi Menteri Prabowo, Ini adalah adalah Jasa Pratikno Buat Jokowi lalu Gibran

INFOJAWATIMUR.com – Nama Mensesneg Pratikno disebut-sebut menjadi orang diminta Presiden Joko Widodo untuk dimasukan ke pada kabinet Prabowo Subianto juga Gibran Rakabuming Raka. Hal ini disampaikan wartawan senior Uni Lubis pada perbincangan dalam kanal YouTube Total Politik. 

Pratikno menjadi satu dari empat nama yang dititipkan Jokowi pada kabinet Prabowo-Gibran mendatang. 

Menjadi kepercayaan Jokowi, seperti apa rekam jejak Pratikno. 

Rekam Jejak Pratikno 

Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc merupakan seseorang akademisi. Ia adalah dosen Fisip UGM gang menjadi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) periode 2014-2019 kemudian periode 2019-2024. 

Menteri Sekretaris Negara Pratikno perihal politikus PDIP Johan Budi bertemu Jokowi di dalam Istana. (Suara.com/Ummi H Saleh)
Menteri Sekretaris Negara Pratikno persoalan politikus PDIP Johan Budi bertemu Jokowi di dalam Istana. (Suara.com/Ummi H Saleh)

Pendidikan

Pratikno merupakan sarjana dadi urusan Bidang Studi Pemerintahan Fakultas Pengetahuan Sosial kemudian Keilmuan Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) di tempat tahun 1985.

Ia kemudian melanjutkan lembaga pendidikan magisternya dalam Birmingham University, Inggris pada tahun 1990 dan juga institusi belajar doktornya dari Flinders University Australia pada tahun 1997.

Karier

Selain menjadi dosen Pratikno sempat menjadi Direktur Proyek Pascasarjana Prodi Pengetahuan Politik Kepekatan Politik Lokal UGM pada tahun 2004. Ia juga sempat mendirikan LSM Asosiasi untuk Demokrasi kemudian Kemakmuran Sosial (Ademos) pada tahun 2005. 

LSM ini merupakan wadah pembelajaran bagi generasi muda petani di area kampung halamannya, Bojonegoro, Jawa Tengah. 

Pada tahun 2009, Pratikno terpilih sebagai salah satu moderator di event debat capres pada tahun 2009 lalu. Sejak ketika itu sosoknya mulai diperhitungkan di area kalangan politik. 

Pratikno kemudian berhasil menjadi Rektor UGM periode 2012-2017. Kemudian pada 2014 ia ditunjjk sebagai regu ahli kegiatan pasangan capres cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla pada tahun 2014 lalu.

Kemenangan Jokowi-JK memproduksi ia masuk ke pemerintahan. Hingg akhirnya menjadi Mensesneg di dalam tahun 2014-2019. 

Isu Dalang di area Balik Majunya Gibran 

Publik sempat digegerkan dengan isu yang mana menyampaikan Prerim k sebagai dalang di dalam balik pencalonan Wali Kotta Solo Gibran Rakabuming sebagai calon perwakilan presiden.

Hal ini pun diungkap oleh aktivis media sosial sekaligus penulis, Puthut EA. 

“Pratikno, disebut oleh sejumlah jurnalis sebagai aktor penting pada balik majunya Mas Wali (Gibran). Siapakah Pratikno? Kenapa ia bisa saja begitu kuat? Kenapa ia mampu melakukan manuver kebijakan pemerintah dengan misi besar?” tulis Puthut di dalam akun Twitter @puthutea yang tersebut diunggahnya pada Sabtu, (21/10/2023) lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here