Round up – Hari keempat kampanye Pilpres 2024

0
11
Round up – Hari keempat kampanye Pilpres 2024

INFOJAWATIMUR.com DKI Jakarta – Pada hari  Hari hari terakhir pekan (1/12) kampanye pasangan calon presiden lalu duta presiden pada Pilpres 2024 telah ada memasuki hari keempat.

Kampanye hari keempat disertai oleh tiga pasangan calon (paslon), yaitu pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, juga Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU telah pernah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan pengumuman pada tanggal 14 Februari 2024.

Pada hari keempat kampanye, ketiga paslon telah melakukan berbagai kegiatan untuk menyampaikan visi, misi, juga acara kerja untuk masyarakat.

Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN)

Pada hari keempat paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) melanjutkan kampanye sesuai dengan jadwal.
 

Calon Presiden RI Anies Baswedan menyampaikan orasi pada waktu melakukan kampanye pada tempat Grand Sudirman Ballroom, Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.

Capres Anies mengawali kampanye sekitar jam 13.50 Waktu Indonesia Barat pada Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Ibukota Pusat. Di lokasi ini capres nomor urut 1 itu bertemu dan juga berdialog dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Pada rapat itu, Anies menyampaikan visi kemudian misi juga gagasannya memakmurkan Indonesia ke depan. Selain itu, Anies juga memohonkan untuk media massa agar menghadirkan warga negara Indonesia yang yang dimaksud memenuhi persyaratan untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilihan raya 2024.

Setelah rapat dengan pengurus PWI Pusat, Anies melanjutkan kampanyenya degan mengunjungi Silaturahmi Nasional Relawan Garda Matahari. Relawan yang dimaksud merupakan kumpulan beberapa jumlah agregat tokoh utama pada organisasi keagamaan, khususnya Muhammadiyah.

Anies selanjutnya hadir pada haul K.H. Noer Ali pada Bekasi, Jawa Barat. Ketika berangkat ke lokasi, Anies dibonceng oleh patwal menggunakan kendaraan beroda dua motor untuk menghindari macet dikarenakan bersamaan dengan jam pulang kerja.

"Kalau pakai mobil enggak cukup waktunya. Padat harus balik lagi ke DKI Ibukota Indonesia waktunya mepet, jadi pakai motor," kata Anies.

Sementara itu, Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar pada hari keempat kampanye memulai dengan mengunjungi acara Silaturahmi Nasional Garda Matahari di dalam tempat salah satu hotel yang digunakan digunakan berada di Ibukota Selatan sama-sama pasangannya Anies Baswedan.

Setelah acara yang mana dimaksud Cak Imin sapaan akrabnya melanjutkan kampanye dengan hadir di tempat Musyawarah Kerja Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Kawasan Ancol, DKI Ibukota Indonesia Utara.

Saat berada di dalam di lokasi tersbut, Cak Imin memaparkan visi juga misi pasangan AMIN, mulai permasalahan hukum, politik, perkembangan ekonomi, pemberantasan korupsi, hingga pertambangan.

"Kami menyampaikan berbagai visi lalu misi tentang perubahan juga tentang unsur keadilan harus masuk dalam di setiap kebijakan pemerintahan sehingga yang mana gede tetap memperlihatkan hanya gede, yang tersebut kecil tidak boleh masih belaka kecil, harus tumbuh menjadi besar," ujar Cak Imin terhadap wartawan seusai acara tersebut.

Pasangan Prabowo-Gibran

Hari keempat kampanye, paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih belum mengambil cuti libur kampanye.

Hingga hari keempat kampanye Capres Prabowo masih menjalankan tugasnya sebagai Menteri Defense (Menhan). Prabowo menyerahkan 8 unit helikopter H225M ke TNI AU pada Pangkalan Lingkungan Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat.

Calon Presiden RI Prabowo Subianto menyampaikan pidato ketika Konsolidasi TKD Prabowo-Gibran Provinsi Jawa Barat pada The House Convention Hall, Bandung, Jawa Barat, Hari Hari Sabtu (25/11/2023). ANTARA FOTO/M. Agung Rajasa/YU

Setelah menjalankan tugasnya sebagai Menhan, pada hari yang digunakan digunakan sejenis Prabowo menyempatkan diri untuk mengunjungi Rapat Kesepahaman Nasional (Rakornas) Tim Kampanye Nasional (TKN) kemudian Tim Kampanye Daerah (TKD) pada salah satu hotel pada Ibukota Indonesia Pusat.

Prabowo tidaklah sendirian, beliau didampingi Cawapres RI Gibran pada waktu mengunjungi acara tersebut. Mereka tiba pada lokasi acara pada pukul 15.37 Waktu Indonesia Barat dengan mengenakan pakaian warna biru langit yang dimaksud menjadi ciri khas pasangan tersebut.

Kurang tambahan besar 1 jam keduanya berada pada acara rakornas tersebut, kemudian merek melanjutkan rencana lainnya.

Capres Prabowo melanjutkan dengan bertemu volunteer Pandawa Lima dalam tempat Djakarta Theater. Di lokasi yang mana disebutkan Prabowo sempat memberikan sambutan. Dia yakin akan memenangi kontestasi urusan kebijakan pemerintah 5 tahunan itu sebab mendapatkan dukungan dari kekuatan Jokowi lalu juga Luhut Binsar Panjaitan (LBP).

"Kalau kekuatan Jokowi-Prabowo bersatu, apalagi ada LBP di dalam tempat situ, apalagi ada dukungan Pandawa Lima," kata Prabowo.

Setelah hadir pada Rakornas TKN dan juga juga TKD, Cawapres Gibran melanjutkan dengan hadir dalam undangan Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo di Kelurahan Penjaringan, Ibukota Utara.

Gibran sempat membagikan susu lalu buku untuk anak-anak di lokasi tersebut. Gibran tak memberikan sambutan apa pun, bahkan penampilan Gibran pada lokasi yang tersebut dimaksud kurang dari 30 menit.

Pasangan Ganjar-Mahfud

Pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md. melaksanakan kampanye hari keempat di tempat tempat luar daerah. Capres Ganjar berkampanye di tempat tempat Nusa Tenggara Timur (NTT) juga Cawapres Mahfud berkampanye di dalam tempat Banten.

Ganjar tiba di area tempat Kupang, NTT, sekitar pukul 10.52 WITA kemudian segera di area area sambut oleh warga suku Timor dengan diberikan kain sebagai penghormatan.

Calon Presiden RI Ganjar Pranowo (tengah) didampingi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun (kiri) lalu Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu (kanan) menyampaikan paparannya di dalam area Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (30/11/12). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/Spt.

Di NTT Ganjar berkampanye di beberapa lokasi, pada antaranya melakukan rapat dengan Ketua Sinode Gereja Masehi Injili pada Timor (GMIT), bertemu dengan tokoh lintas agama, mahasiswa, lalu para pempengaruh lokal.

Ganjar sempat berdiskusi terkait dengan toleransi antarumat beragama pada Kupang, NTT. Menurut dia, Kupang menjadi salah satu kota toleran pada area Indonesia. Dia berharap itu akan terus dirawat.

"Kupang menjadi salah satu kota toleransi tertinggi. Kalau di Jawa Tengah ada Daerah Perkotaan Salatiga," kata Ganjar Ketika berdiskusi dengan ulama dan juga tokoh rakyat dalam pada Kantor MUI Perkotaan Kupang.

Tidak cuma hanya itu, capres nomor urut 1 itu juga menyoroti hambatan perbuatan pidana perdagangan orang (TPPO) lantaran menurut Ganjar persoalan hukum yang tersebut dimaksud harus diberantas dengan antara pemerintah tempat juga pusat.

Ganjar juga bukanlah lupa mengundang warga Kupang untuk bersama-sama menjaga dari konflik mendekati pemilihan 2024.

Untuk menjaga kondisi keamanan tetap saja memperlihatkan terjaga dengan baik, kata dia, seluruh rakyat harus terus-menerus menjaga persatuan, bukanlah ribut, kemudian juga bukan ada menciptakan hoaks yang digunakan dapat mengakibatkan konflik.

Sementara itu, Cawapres Mahfud Md. pada hari keempat kampanye mengunjungi beberapa lokasi di tempat tempat Provinsi Banten. Acara dimulai dengan mengunjungi pondok pesantren yang digunakan dimaksud berada di area pada Wilayah Pandeglang, Banten.

Pada pada waktu orasi Mahfud mengatakan bahwa kedatangannya ke Pandeglang untuk menyampaikan instruksi persaudaraan sebab semua umat wajib dapat pengamanan yang tersebut sejenis berdasarkan konstitusi.

Pesan tersebut, kata Mahfud, harus terus didengungkan menjauhi pemilihan raya 2024 seraya menghadirkan warga untuk memilih pasangan calon presiden/wakil presiden. Namun, ia tak menghadirkan memilih pasangan tertentu, termasuk dirinya.

"Saya tak akan menyarankan, menyuruh, pilih siapa. Saudara nilai semua calon yang mana yang disebutkan ada. Memang kebetulan saya menjadi salah satu calon. Silakan bandingkan, kalau enggak, ya, sudah ada ada enggak apa-apa," kata Mahfud.

Selain berkampanye pada Banten, Mahfud juga menyaksikan teater yang tersebut digunakan dibawakan oleh Butet Kartaredjasa lalu kawan-kawan dalam area Taman Ismail Marzuki.

Mahfud hadir di tempat area TIM sebagai acara terakhir pada hari keempat masa kampanye pemilihan raya 2024. Sebelumnya, beliau juga melakukan lawatan ke sejumlah lokasi pada Banten, seperti Pondok Pesantren Mathala'ul Anwar Linahdatil Ulama dalam di Pandeglang lalu juga sentra UMKM Desa Tegal Wangi, juga sempat hadir di tempat acara Mukernas III MUI 2023 di tempat area Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here