Luhut Klaim Tak Ada Isu dengan IKN, Yang Permasalahan Pimpinannya

0
11
Luhut Klaim Tak Ada Isu dengan IKN, Yang Permasalahan Pimpinannya

INFOJAWATIMUR.com – Jakarta – Menteri Koordinator Lingkup Kemaritiman serta Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengklaim tak ada hambatan dengan proyek Ibu Pusat Kota Nusantara (IKN). Menurut dia, permasalahan justru terletak di dalam pimpinannya.

“IKN itu bukan ada masalah, yang permasalahan yang jadi pimpinannya,” ujar Luhut pada Rapat RAPBN Tahun Anggaran 2025 dengan Badan Anggaran DPR dalam Kompleks Parlemen, Senayan, Ibukota Indonesia Pusat, Rabu, 5 Juni 2024.

Luhut juga membantah narasi yang digunakan menyebutkan tak ada penanaman modal pada IKN. Menurut dia, seluruh proses penyelenggaraan dalam proyek itu terus berjalan. Dia mengakui banyak kesulitan yang tersebut muncul pada masa lalu. Tapi ia mengklaim sudah pernah menuntaskan masalah-masalah itu.

Overall menurut saya tiada ada isu mengenai ibu kota, apalagi pelaksana tugasnya sekarang Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono),” kata dia.

Kepala Otorita IKN Bambang Susantono serta wakilnya, Dhony Rahajoe, mengundurkan diri pada Senin, 3 Juni lalu. Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, sebagai pelaksana tugas Kepala Otorita IKN. Sedangkan jabatan duta dipercayakan terhadap Wakil Menteri Agraria dan juga Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Raja Juli Antoni.

Alasan mundurnya Bambang lalu Dhony yang masih menjadi misteri ini memunculkan perkiraan pada publik. Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menyoroti tingginya target yang mana diberikan pemerintah untuk proyek IKN Nusantara. Namun, Daniel mengungkapkan tiada tahu pasti alasan mundur ketua lalu delegasi ketua Otorita IKN.

“Cuma rasanya siapa pun kepala Otorita IKN pasti akan gemetar kakinya sebab begitu tinggi targetnya,” kata anggota Fraksi PKB DPR RI itu di tempat kompleks parlemen Senayan, Ibukota Indonesia pada Senin, 3 Juni 2024.

Menurut Daniel, ada berbagai kesulitan yang digunakan harus dihadapi Otorita IKN pada mengerjakan proyek ibu kota baru yang berlokasi dalam Provinsi Kalimantan Timur itu. Otorita IKN, kata Daniel, masih harus menghadapi hambatan yang disebutkan di area samping memenuhi target yang tinggi.

: Sebelum Aturan Diteken Jokowi, Luhut Sempat Ribut dengan Bahlil mengenai Izin Tambang untuk Ormas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here