Pesawat Lion Group Kembali Beroperasi untuk Rute Ternate, Pastikan Kondisi Aman Pasca Erupsi Gunung Ruang

0
6
Pesawat Lion Group Kembali Beroperasi untuk Rute Ternate, Pastikan Kondisi Aman Pasca Erupsi Gunung Ruang

INFOJAWATIMUR.com – Jakarta – Corporate Communications Strategic of Lion Group, Danang Mandala Prihantoro menyatakan bahwa operasional penerbangan pada Bandar Lingkungan Sultan Babullah, Ternate, Maluku Utara telah kembali berjalan normal per hari ini, Sabtu, 20 April 2024 usai erupsi Gunung Ruang tiga hari sebelumnya.

Ia menyatakan bahwa pada waktu ini wilayah penerbangan dalam Bandara Sultan Babullah Ternate di kondisi aman dan juga terbebas dari pengaruh abu vulkanik bekas erupsi Gunung Ruang. Sebanyak 13 penerbangan dari Ternate menuju Jakarta, Surabaya, Makassar, Ambon, Labuha, Morotai sudah ada beroperasi kemudian kembali melayani penumpang.

“Keputusan ini diambil pasca melakukan konfirmasi bahwa ruang udara di tempat wilayah ini, yang tersebut meliputi jalur-jalur penerbangan juga zona di tempat atmosfer tempat pesawat beroperasi, telah dilakukan terbebas dari pengaruh abu vulkanik,” katanya pada keterangan tertulis, Sabtu, 20 April 2024.

Danang menuturkan telah terjadi memberitahukan untuk seluruh penumpang perihal status terkini dari layanan penerbangan di tempat Bandara Sultan Babullah Ternate.

Lion Group, ujarnya, akan terus memantau secara intensif terhadap situasi akibat erupsi Gunung Ruang, juga berkoordinasi dengan para stakeholder untuk menjamin seluruh operasi penerbangan Lion Group memenuhi standar keselamatan juga keamanan yang tersebut ketat.

“Lion Group berazam memberikan pelayanan terbaik juga mengutamakan keselamatan dan juga kenyamanan penumpang di setiap operasi penerbangan,” ucap Danang.

Sementara itu, untuk operasional penerbangan dalam Bandara Sam Ratulangi Manado, sebanyak 27 penerbangan Lion Group dari kemudian menuju Manado dibatalkan. Keputusan pembatalan penerbangan itu hasil dari instruksi otoritas bandara lewat Notice to AirMen atau Notam Nomor A1021/24/NOTAMR A1016/24, yang dimaksud mengatakan penutupan sementara Bandara Sam Ratulangi diperpanjang hingga Minggu, 21 April pukul 12.00 WITA.

Danang memastikan, bahwa Lion Group akan mengakomodasi permintaan pembaharuan jadwal penerbangan sesuai ketentuan yang tersebut berlaku bagi penumpang yang dimaksud terdampak.

Berdasarkan citra satelit Badan Meteorologi, Klimatologi, lalu Geofisika atau BMKG mendeteksi sebaran abu vulkanik dari Gunung Ruang telah mengarah ke barat, barat laut, timur laut, juga wilayah tenggara hingga menutupi langit Manado dan juga Minahasa Utara. Hasil papertest yang mana dijalankan oleh pasukan Bandara Sam Ratulangi Manado juga teramati adanya abu vulkanik yang dimaksud sampai ke permukaan.

: Profil Gunung Ruang yang Mengalami Erupsi di dalam Sulawesi Utara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here