10 Tempat Wisata di area Makassar, Ada Hutan Mangrove hingga Portal Bersejarah

0
11
10 Tempat Wisata di tempat area Makassar, Ada Hutan Mangrove hingga Portal Bersejarah

INFOJAWATIMUR.com – Jakarta – Makassar menjadi salah satu area dalam Provinsi Sulawesi Selatan yang dimaksud menawarkan beragam pilihan wisata. Ada wisata alam, wisata rekreasi, hingga tempat-tempat bersejarah dari era Kerajaan Gowa-Tallo. 

Dikutip dari situs Dinas Kebudayaan juga Peluang Usaha Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, berikut deretan wisata populer dalam Perkotaan Makassar:

Daftar Tempat Wisata di area Makassar

1. Benteng Somba Opu

Benteng Somba Opu dapat dijumpai dalam Kecamatan Barombong, Pusat Kota Makassar. Benteng peninggalan Raja Gowa ke-9, Daeng Matanre Karaeng Tumapa’risi’ Kallonna ini telah lama berdiri sejak 1525 silam. 

Di pada Benteng Somba Opu terdapat beberapa rumat adat, seperti dari Wilayah Mamuju, Daerah Gowa, juga Kota Bulukumba. 

2. Fort Rotterdam Makassar

Benteng Fort Rotterdam berlokasi di area Jalan Ujung Pandang yang digunakan menyingkap setiap hari mulai pukul 09.00 WITA hingga 18.00 WITA. Benteng ini menjadi peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang tersebut dibangun pada 1545 oleh Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung. 

Akan tetapi, Benteng Fort Rotterdam terpaksa diserahkan untuk Belanda oleh Sultan Hasanuddin sebagai bagian dari Perjanjian Bongaya. 

3. Mangrove Lantebung

Berlokasi di area Jalan Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Daerah Perkotaan Makassar, Mangrove Lantebung merupakan wisata hutan mangrove yang digunakan mempunyai luas sekitar 30 hektare. 

Selain menawarkan keindahan hutan mangrove yang mana rimbun, di dalam di tempat ini pengunjung juga dapat menikmati wisata edukasi menghasilkan batik dengan pewarna alami dari mangrove. 

4. Museum Pusat Kota Makassar

Museum Pusat Kota Makassar beralamat pada Jalan Balaikota Nomor 11A, Kelurahan Baru, Kecamatan Ujung Pandang. Bangunan yang dimaksud dulunya difungsikan sebagai gedung balaikota ini didirikan pada 1916. Museum ini mengoleksi berbagai benda bersejarah, seperti uang kuno serta foto-foto. 

5. Pantai Akkarena

Pantai Akkarena termasuk salah satu tempat wisata di tempat Makassar yang telah dilakukan eksis sejak 1998 silam. Pantai ini menyediakan infrastruktur tempat makan, olahraga air, juga bangku-bangku untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Akkarena berada dalam Jalan Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate. 

6. Pantai Losari

Pantai Losari merupakan salah satu ikon Daerah Perkotaan Makassar. Daya tarik utama dari pantai yang mana terletak di dalam Jalan Penghibur ini, antara lain panorama matahari terbenam di area Selat Makassar, Masjid Terapung, serta Masjid 99 Kubah. 

Di sekitar Pantai Losari juga tersedia berbagai tempat makanan serta oleh-oleh yang digunakan siap melepas dahaga para pengunjung pasca lelah berswafoto. 

7. Pelabuhan Paotere

Pelabuhan Paotere adalah salah satu warisan Kerajaan Gowa Tallo yang mana berada di area Kelurahan Gusung, Kecamatan Ujung Tanah, Pusat Kota Makassar. 

Pelabuhan yang digunakan diklaim tertua di dalam Indonesia lalu sudah pernah berdiri sejak abad ke-14 ini dulunya menjadi pusat perdagangan utama kerajaan. Selain mengawasi kapal-kapal bersandar, pengunjung dapat sekaligus membeli ikan segar dalam pangsa ikan. 

8. Pulau Khayangan

Pulau Khayangan terletak dalam Kecamatan Ujung Pandang, Daerah Perkotaan Makassar. Pulau berpasir putih ini dapat ditempuh sekitar 13 menit atau 4 kilometer menyeberang dari pusat kota. Pulau Khayangan dikelilingi gugusan karang sehingga sangat cocok menjadi lokasi snorkeling hingga menyelam. 

9. Pulau Samalona

Pulau Samalona masuk wilayah administrasi Kelurahan Lae-Lae, Kecamatan Mariso, Perkotaan Makassar. Pulau kecil yang digunakan terletak pada Selat Makassar ini miliki luas sekitar 2 hektare yang dimaksud dikelilingi oleh air laut biru jernih. Daya tarik dari Pulau Samalona adalah wisata bawah laut dengan beragam biota laut yang mana indah. 

10. Pantai Tanjung Bayang

Tempat wisata di area Makassar yang tak kalah menarik, yakni Pantai Tanjung Bayang. Pantai yang tersebut terletak pada Jalan Permandian Tanjung Bayan, Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Perkotaan Makassar ini berada dalam Selat Makassar kemudian menghadap ke arah barat, sehingga menawarkan panorama matahari terbenam yang digunakan indah. 

MELYNDA DWI PUSPITA 

Pilihan Editor: Pemkot Makassar Resmikan 2 Kapal Pinisi untuk Wisata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here