Menkopolhukam Mahfud MD Bersyukur Bisa Saksikan Langsung Dhaup Ageng Pura Pakualaman

0
32
Menkopolhukam Mahfud MD Bersyukur Bisa Saksikan Langsung Dhaup Ageng Pura Pakualaman

INFOJAWATIMUR.com – Yogyakarta  – Menteri Koordinator Area Politik, Hukum, serta Ketenteraman Mahfud MD mengaku bahagia mampu hadir di perayaan Dhaup Ageng atau pernikahan agung dalam Pura Pakualaman Yogyakarta. Mahfud hadir ketika acara puncak Dhaup Ageng yang dimaksud masuk tahapan ijab kabul pada Rabu, 10 Januari 2024.

Dhaup Ageng ini merupakan pernikahan putra bungsu Raja Pakualaman yang tersebut juga Wakil Gubernur DI Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X, yakni BPH Kusumo Kuntonugroho dengan Laily Annisa Kusumastuti. 

“Saya merasa bersyukur serta beruntung bisa saja menyaksikan pernikahan Dhaup Ageng ini,” kata Mahfud MD yang mana turut menyaksikan secara langsung ijab di tempat Kagungan Dalem Masjid Agung Pakualaman Yogyakarta itu.

Calon delegasi presiden pasangan Ganjar Pranowo itu menjadi satu-satunya pejabat pemerintah yang mana hadir ketika proses ijab kabul dua mempelai.

Prosesi ijab kabul Dhaup Ageng Pura Pakualaman Rabu (10/1). Dok. Pura Pakualaman

“Dhaup Ageng ini pernikahan yang digunakan sangat indah nuansanya, dikarenakan mencampurkan tradisi, hukum Islam, dan juga hukum negara, sangat harmonis,” kata Mahfud.

Mahfud menyatakan nuansa pernikahan itu sangat berkesan dan juga akan selalu dikenang. 

“Saya beruntung mampu menyaksikan pernikahan seperti ini yang masih diwarnai tradisi kemudian nilai keagaman yang tersebut menyentuh,” kata Mahfud.

Wakil Presiden Hadir pada Waktu senja Midodareni 

Sehari sebelumnya, Selasa petang 9 Januari 2024, Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga menyambangi Pura Pakualaman Yogyakarta untuk memberi selamat sekaligus menyaksikan beberapa orang prosesi seperti Tantingan, Midodareni, kemudian Tuguran. Ma’ruf Amin datang dengan beberapa jumlah pejabat salah satunya Menteri Pemberdayaan Perempuan juga Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Dari informasi yang dimaksud dihimpun, calon presiden Anies Baswedan juga akan hadir ke Pura Pakualaman pada Rabu siang atau pada waktu resepsi hari pertama. Sedangkan calon presiden Ganjar Pranowo dikabarkan hadir pada resepsi hari kedua pada Kamis, 11 Januari 2024.

PRIBADI WICAKSONO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here