Dhaup Ageng Pura Pakualaman, Wapres Ma’ruf Amin Hadir Lebih Awal Beri Selamat

0
31
Dhaup Ageng Pura Pakualaman, Wapres Ma’ruf Amin Hadir Lebih Awal Beri Selamat

INFOJAWATIMUR.com – Yogyakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyambangi Pura Pakualaman Yogyakarta pada Selasa petang, 9 Januari 2024, untuk memberi selamat Dhaup Ageng. Mobil rombongan Ma’ruf tampak tiba pada lokasi sekitar pukul 19.55 Waktu Indonesia Barat juga meninggalkan area Pura Pakualaman pukul 20.20 WIB.

Kedatangan Ma’ruf Amin yang tersebut didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X ini terjadi sehari sebelum resepsi pernikahan agung atau Dhaup Ageng yang tersebut dijalankan Pura Pakualaman pada Rabu, 10 Januari 2024. Dhaup Ageng ini merupakan pernikahan putra bungsu Raja Pakualaman yang mana juga Wakil Gubernur DI Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X, yakni BPH Kusumo Kuntonugroho.

Pada Selasa, prosesi Dhaup Ageng masih pada tahap Tantingan, Midodareni, lalu Tuguran.

“Sebenarnya jadwal kunjungannya wapres memang sebenarnya Rabu besok (10/1) namun dikarenakan beliau kebetulan besok pagi harus kembai ke Jakarta, maka di malam hari ini datang sekalian ibu wapres tadi menyaksikan prosesi midodareni,” kata Koordinator Tim Pengamanan Internal Dhaup Ageng Pakualaman 2024 Raden Lurah Radyo Cahyono.

Selama sekitar 30 menit kunjungan ke Pura Pakualaman itu, Ma’ruf yang digunakan juga didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan juga Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan juga istri Tjahjo Kumolo, Erni Guntarti, beramah tamah di tempat bangsal Sewatama Pakualaman dengan tuan rumah kemudian pejabat yang tersebut hadir. 

Turut menyambut pula calon mempelai putra Paku Alam, BPH Kusumo Kuntonugroho.

“Kalau untuk pejabat yang mana telah konfirmasi hadir ketika ijab qobul besok Pak Mahfud MD (Menkopolhukam),” kata dia. 

Ma’ruf sendiri sebelumnya ketika mengunjungi kawasan Prambanan Yogyakarta pada Selasa pagi menuturkan dirinya diundang untuk hadir di acara Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP di tempat Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, pada Rabu pagi, 10 Januari 2024.

Ma’ruf mengatakan, dirinya hadir sebagai tamu undangan mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digunakan berhalangan akibat ada program lawatan ke luar negeri. “Karena pak presiden pergi ke luar negeri, ya mungkin saja saya harus hadir mewakili pemerintah,” kata dia.

PRIBADI WICAKSONO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here